Layanan Chat Multi Ponsel dan Tablet Bakal Tersedia di WhatsApp

Layanan Chat Multi Ponsel dan Tablet Bakal Tersedia di WhatsApp
Layanan Chat Multi Ponsel dan Tablet Bakal Tersedia di WhatsApp

Selular.ID – WhatsApp sedang mengerjakan fitur Layanan Chat Multi yang memungkinkan pengguna mengobrol dengan akun yang sama di beberapa ponsel, atau di ponsel dan tablet.

Mengutip WABetaInfo, informasi ini memberikan instruksi untuk mendaftarkan perangkat yang pengguna gunakan sebagai pendamping, dengan memindai kode menggunakan ponsel utama, meski saat ini belum dapat dipastikan sebagai kode yang benar-benar dapat dipindai.

Informasi yang ditemukan pada versi beta sebelumnya menampilkan bahwa perangkat akan mendapatkan kemampuan untuk melakukan sinkronisasi pesan terbaru, meski melalui enkripsi end-to-end.

Layar memberikan instruksi untuk mendaftarkan perangkat yang digunakan sebagai “pendamping” dengan memindai kode dengan telepon utama.

Baca Juga:Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul ? Berikut 5 Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Kedua layar telah ditemukan di aplikasi versi Android, yang menyiratkan bahwa fitur tersebut akan mendukung obrolan di ponsel atau tablet sekunder.

Selain itu informasi ini, dikombinasikan dengan informasi Register Device as Companion yang menginstruksikan pengguna terkait cara menggunakan WhatsApp pada perangkat lain, menambahkan bukti yang meyakinkan bahwa fitur ini tengah dalam proses pengembangan.

Saat ini belum tersedia informasi terkait ketersediaan fitur ini di aplikasi versi iOS maupun waktu peluncurannya, meskipun informasi yang beredar mengindikasikan hal tersebut.

Secara teknis, WhatsApp telah mendukung penggunaan akun di berbagai perangkat via fitur Linked Devices, yang saat ini hanya mendukung penggunaan komputer sebagai perangkat sekunder. Fitur ini telah tersedia baik pada aplikasi versi iOS maupun Android.

WhatsApp menggulirkan Linked Devices dalam versi beta publik pada bulan November 2021 lalu, dan telah mengalami peningkatan sejak kala itu, meski masih terdapat sejumlah fitur yang tidak terdukung, bergantung pada perangkat utama pengguna.

Linked Devices disebut sejumlah pihak sebagai perangkat yang berguna bagi pengguna desktop.

Jelasnya, WhatsApp secara teknis sudah mendukung penggunaan akun di beberapa perangkat, melalui fitur Perangkat Tertaut, yang saat ini hanya mendukung penggunaan komputer sebagai perangkat sekunder.

Baca Juga:Cara Menonaktifkan Unduhan Otomatis di WhatsApp, Supaya Foto dan Video Tak Penuhi Galeri

Fitur ini tersedia di iOS dan Android, sayangnya tidak demikian dengan pengguna perangkat sekunder berupa tablet dan smartphone lainnya.