Jangkau Dunia Hiburan Era Digital dengan Produksi Virtual ICVFX

Jangkau Dunia Hiburan Era Digital dengan Produksi Virtual ICVFX
Jangkau Dunia Hiburan Era Digital dengan Produksi Virtual ICVFX

Selular.ID – Pemanfaatan produksi virtual dan teknologi in-camera visual effects (ICVFX) sudah berkembang secara pesat dalam waktu dua tahun terakhir.

Studio produksi lokal AUX Media di Singapura, 3Particle di Malaysia, dan V2 di Indonesia, telah memanfaatkan kekuatan produksi virtual, melalui Unreal Engine Epic Games, untuk menciptakan produksi generasi berikutnya di seluruh live event, pameran, dan instalasi audio visual.

Tahun 2020, contohnya, ada sedikitnya belasan panggung ICVFX di seluruh dunia dan saat ini ada lebih dari 250 panggung seperti itu di dunia, dengan pelopor seperti yang memanfaatkan panggung skala besar xR dan layar LED di berbagai live event, film dan alur produksi mereka.

Teknologi dan alur kerja yang sebelumnya menggunakan studio besar dengan anggaran jutaan dollar kini “didemokratisasi”, membuka jalan bagi generasi baru kreator konten.

Baca Juga:Epic Games Bagikan Dua Game Gratis, Segera Download

AUX Media memanfaatkan kemampuan real-time Unreal Engine dan disguise untuk mengembangkan efek visual hidup dan interaktif untuk Star Awards Ceremony 2022 dari Mediacorp.

Ini dikonsepkan dan diwujudkan dengan memanfaatkan panggung xR dari studio itu, dengan layar hijau yang memungkinkan pengembang untuk menempatkan lapisan efek visual dan selebritas lain dari jarak jauh, dan secara real time.

Hal ini tidak saja menciptakan hasil akhir yang menakjubkan, tapi juga memungkinkan tim produksi untuk menangkap reaksi yang lebih otentik dan asli dari para aktor.

Alur kerja setelah produksi juga diminimalisir untuk membawa acara ke penonton jauh lebih cepat dibandingkan sebelumnya – semua yang tidak mungkin dilakukan dengan pengaturan tradisional.

“Kami berterima kasih kepada para mitra yang telah berkolaborasi dengan AUX dalam perjalanan beberapa tahun terakhir, memungkinkan kami untuk merampingkan penerapan teknologi xR kami agar selaras dengan harapan audiens modern,” kata Choong Chyi Kei, Chief Executive Officer, AUX Media Group.

Studio xR pertama Malaysia, 3Particle, juga telah memanfaatkan teknologi real time dan panggung xR untuk menciptakan dunia baru yang futuristik dalam video musik seperti band lokal IMAGI, dan MADAM, serta menjadi bagian dari pertunjukan virtual kelas dunia untuk Alan Walker.

Panggung xR kami sudah memproduksi lebih dari satu tahun. Selama masa itu, xR terus menyaksikan banyak keunggulan dan keserbagunaan dalam produksi virtual untuk menangkap in-camera VFX dan high-fidelity, shot sinematik dengan volume LED.

“Teknologi ini benar-benar membentuk ulang seluruh lanskap industri media dan hiburan di Malaysia, kata Carl Loo, Owner dan Founder, Technical Director & Event Strategist di 3Particle Malaysia.

Sementara xR imersif pertama di Indonesia, V2 Indonesia, mengubah permainan untuk virtual event dengan software real time.

Rudi Hidayat, Founder dan CEO V2 Indonesia menambahkan, V2 telah memulai proyek xR pertamanya dengan Gereja Bethel Indonesia (atau dikenal dengan GBI PRJ), rumah ibadah yang berlokasi di Jakarta. Di GBI PRJ.

V2 telah membangun studio xR dengan LED sebesar 17x5m, yang didukung oleh software disguise, dan memungkinkan gereja menampung hingga 1.000 jemaat per sesi ibadah.

Selain itu, V2 juga bekerja sama dengan salah satu Youtuber di Indonesia untuk membangun studio podcast yang dilengkapi teknologi xR.

Perusahaan berharap xR dapat membekali para kreatif seni, media TV, biro iklan, dan pembuat konten untuk lebih membebaskan kreativitas mereka dan menghasilkan konten berkualitas yang mutakhir.

Baca Juga:Kode Redeem FF Selasa 19 April 2022, Ada Skin Epic Free Fire

Epic Games berkomitmen untuk memberdayakan studio dan kreator di seluruh ASEAN untuk mendukung permintaan akan produksi virtual dan ICVFX yang semakin banyak.

Hingga hari ini, Epic Games sudah mendukung lebih dari 1.600 kreator dan tim di 89 negara, melalui program Epic MegaGrants (EMG), dana senilai US$100 juta digelontorkan untuk secara aktif membantu kesuksesan pengembang dan komunitas kreator.