Hindari Kemacetan, Begini Cara Pantau Arus Balik 2022 Lewat Waze

Pantauan Arus Balik 2022

Selular.ID – Arus balik 2022 mulai diramaikan oleh para pemudik dari berbagai wilayah sejak kemarin, Jumat (07/05/22). Pemerintah memprediksi puncak arus balik terjadi hingga 8 Mei 2022. Seperti arus mudik, kemungkinan kemacetan panjang juga akan terjadi pada arus balik menuju Jabodetabek.

Oleh karenanya, penting untuk para pemudik memantau arus balik agar sedikit terhindar dari kemacetan dan mendapatkan jalur alternatif. Salah satu aplikasi navigasi GPS populer yang bisa dijadikan solusi ialah Waze. Meski populer, namun masih banyak masyarakat yang belum memahami bagaimana cara memantau kemacetan melalui aplikasi yang diciptakan oleh Uri Levine dan Amir Shinar ini.

Untuk memperlancar perjalanan Anda, berikut team Selular merangkum cara pantau arus balik 2022 melalui aplikasi Waze:

  1. Pastikan Anda terlebih dahulu me-install aplikasi Waze melalui PlayStore untuk pengguna Android, dan melalui App Store untuk pengguna iPhone.
  2. Usai me-install, aktifkan akun Waze Anda dengan cara masukkan nomor ponsel Anda yang aktif, tekan “Next” , masukan nomor verifikasi yang telah dikirimkan ke nomor yang didaftarkan, buat ID Waze pada halaman “Create Your Profile”, kemudian klik “Next”.
  3. Setelah akun Waze Anda bisa digunakan, Anda bisa mulai dengan mencari rute terpendek untuk dilalui dengan cara masuk ke halaman settings, lalu klik “Navigation”, klik “Routing Styles”, kemudian pilih Shortest.
  4. Pastikan izin akses fitur lokasi untuk aplikasi waze telah diaktifkan.

Selain itu, sangat penting juga untuk Anda memahami cara membaca tanda yang tertera di aplikasi Waze, yang dimana kondisi lalu lintas ditandai dengan tiga warna yaitu merah, abu-abu, dan kuning. Berikut team Selular rangkum untuk Anda:

  1. Warna merah menandakan sedang terjadi kemacetan.
  2. Warna abu-abu menandakan kondisi jalanan lancar alias tidak terjadi kemacetan.
  3. Warna kuning menandakan kondisi lalu lintas cukup macet.

Perlu diketahui pula bahwa jika Anda telah sampai di tempat tujuan, jangan lupa untuk mematikan aplikasi Waze Anda agar terhindar dari pemborosan kuota dan baterai.