Buang Port Lightning, Apple Mulai Menguji iPhone dengan Port USB-C

Buang Port Lightning, Apple Mulai Menguji iPhone dengan Port USB-C
Buang Port Lightning, Apple Mulai Menguji iPhone dengan Port USB-C

Selular.ID – informasi baru dari Analis Apple Ming-Chi Kuo menyebutkan bahwa Apple bakal membuang port Lightning iPhone dan mengantinya dengan USB. Kabar terbarunya menyebutkan Apple telah mulai menguji iPhone dengan port USB-C.

Selain itu, diklaim bahwa Apple juga sedang mengerjakan adaptor yang akan memungkinkan iPhone masa depan menggunakan USB-C bekerja dengan aksesori yang dirancang untuk konektor Lightning saat ini.

Tidak jelas apakah Apple akan menyertakannya dengan paket ritel atau menjualnya secara terpisah.

Mengingat reputasi Apple, kemungkinan pelanggan harus mengeluarkan uang ekstra untuk adaptor.

Baca Juga: Sejarah iPod yang Bakal Apple Pensiunkan Bulan Mei 2022 Ini

Seperti disebutkan sebelumnya, alasannya, beralih ke USB-C berpengaruh buruk bagi bisnis MiFi Apple dan port tersebut dinilai memiliki spesifikasi tahan air lebih rendah.

Apple sendiri pertama kali menggunakan port Lightning sejak kehadiran iPhone 5 yang tetap berlanjut hingga iPhone 13 tahun ini.

Padahal banyak brand smartphone yang sudah menerapkan port USB-C di ponsel buatannya. Kini Apple telah mengubah rencananya. Salah satu alasan yang paling kuat mungkin juga karena tekanan dari Uni Eropa.

Uni Eropa sendiri tengah menyiapkan undang-undang baru yang memaksa Apple untuk mengadopsi USB-C untuk semua iPhone, iPad, dan AirPods yang dijual di Eropa.

Jika disahkan, maka Apple harus mengirim produknya ke Eropa dengan USB-C tapi mempertahankan produk Lightning di luar Eropa, atau mengadopsi semua perangkat dengan USB-C. Perpindahan ke USB-C akan memudahkan alur kerja tersebut, juga mendukung aksesori USB-C lebih banyak.

Informasi sebelumnya menyebutkan kalau Apple masih mempertahankan port Lightning sembari menyiapkan iPhone tanpa port.

Apakah harga iPhone bekas bakal anjlok karena kebijakan baru Apple? Pengamat menilai harga iPhone bekas bakal turun karena Apple akan menghilangkan ciri khas iPhone.

Terlepas dari itu, port USB-C yang datang ke seri iPhone akan menjadi perubahan yang publik sambut baik, terutama bagi mereka yang berada di ekosistem Apple. Apple telah membawa port Type-C ke Macbook dan bahkan iPad.

Dengan seri iPhone juga mengambil port universal, pengguna Apple akan memiliki satu kabel lebih sedikit untuk mereka khawatirkan. Serta dapat membuang port Lightning untuk selamanya.

Pengamat dari Blomberg Mark Gurman menyebut membuat ponsel dengan dua varian konektor yang berbeda justru akan membuat Apple bikin bingung. “Proses pembuatannya juga bakal bikin sakit kepala bagi penyuplai komponen,” ucap Mark Gurman dari Bloomberg.

Baca Juga: Apple Beralih ke USB-C, Harga iPhone Bekas Bakal Anjlok

Artinya, Apple justru akan merilis ulang seluruh produk yang masih berjalan dengan konektor USB Type-C.

Hal itu justru akan jadi mimpi buruk bagi pengguna iPhone yang ada saat ini. Pasalnya harga ponsel kesayangan mereka bakal terjun bebas.