iMac 2023 Bakal Hadir dengan Chip M3 Ini Spesifikasinya

iMac 2023 Bakal Hadir dengan Chip M3 Ini Spesifikasinya
iMac 2023 Bakal Hadir dengan Chip M3 Ini Spesifikasinya

Selular.ID – Apple sedang menyiapkan iMac 2023 dengan chip silikon Apple M3 yang tegah dalam pengembangan. Kabaranya sembilan Mac baru bakal menampilkan chip terbaru dari silikon Apple, hal tersebut dilaporkan Mark Gurman dari Bloomberg.

Dalam edisi terbaru buletin Power On -nya, di tengah persiapan peluncuran chipset M2, Apple juga dikabarkan sedang mengembangkan chipset Apple M3.

Namun dalam laporan itu tidak dijabarkan detail spesifik dari iMac, termasuk model 24 inci yang diperbarui, atau model yang lebih besar.

Gurman hanya menginformasikan bahwa iMac Pro juga sedang dikerjakan, tetapi tidak akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Baca Juga: Tidak Akan Ada iMac Baru Hingga 2023

Sebelumnya dilaporkan bahwa Apple sedang bekerja keras pada sejumlah Mac baru yang ditakdirkan untuk dirilis sepanjang sisa tahun ini dan awal 2023. Mac baru termasuk MacBook Pro 13 inci entry-level yang dirubah dengan chip M2 .

MacBook Air yang didesain ulang sepenuhnya , dan MacBook Pro 14 inci dan 16 inci yang diperbarui dengan chip M2 Pro dan M2 Max.

Selain sedang mengerjakan M3, apple juga sedang mengerjakan chip M3. Apple dikabarkan akan memamerkan chip M2 akhir tahun ini, yang akan menjadi tambahan signifikan pertama perusahaan untuk keluarga silikon Mac Apple sejak peluncuran chip M1 pada November 2020.

Chip dasar M2, yang diharapkan dapat memberi daya pada MacBook Pro 13 inci dan MacBook Air, dikabarkan menyertakan CPU 8-inti yang sama dengan M1 tetapi dengan peningkatan kecepatan dan efisiensi.

Sedangkan untuk GPU, M2 akan terdiri dari opsi GPU 9 dan 10-inti, naik dari opsi GPU 7 dan 8-inti pada chip M1 asli.

Chipset M3 terbaru yang menggunakan teknologi fabrikasi 3nm, dan untuk melanggengkan niatnya tersebut mereka bakal menggandeng TSMC untuk memproduksi chipset tersebut.

Berdasarkan informasi yang berkembang Apple akan mengandalkan teknologi fabrikasi 3nm milik TSMC yang disebut sebagai N3. Dikutip dari Wccftech, TSMC akan mulai memproduksi chip tersebut pada kuartal keempat 2022.

Sehingga kemungkinan perangkat dengan chipset Apple terbaru itu setidaknya pada 2023. Secara kemampuan, Chipset yang menggunakan teknologi fabrikasi 3nm ini akan menawarkan kemampuan kinerja yang jauh lebih memumpuni, entah itu dari konsumsi daya yang lebih baik pada Mac serta model iPhone.

Baca Juga: iMac Pro Dengan Layar Mini LED Bakal Meluncur Juni 2022

Jadi, pengguna akan mendapatkan performa yang sangat tinggi. Lalu Apple juga dikabarkan akan menggunakan core count tinggi pada chipset M3 mereka. Pengguna akan mendapatkan hingga empat die, yang akan dapat menghadirkan total 40 core.

Sebagai perbandingan, chip M1 memiliki CPU 8-core sementara M1 Pro dan M1 Max baru memiliki CPU 10-core. Jadi, pengguna akan benar-benar merasakan peningkatan performa saat mereka menggunakan perangkat berbasis chipset tersebut.