6 Cara Melindungi Rekening dari Modus Kejahatan Perbankan 2022

tips

Selular.ID – Di era teknologi, semua bisa diakses dengan mudah, tapi kita harus hati-hati untuk tidak terpedaya oleh modus kejahatan perbankan.

Karena semua kejahatan tidak memandang situasi dan kondisi, di mana ada kesempatan di situ mereka beraksi.

Media kejahatan perbankan yang dipergunakan pun bisa melalui:

  • SMS/ WhatsApp Spam SMS atau WA, yang berisikan undian/ salah transfer/verifikasi transaksi dan meminta korban melakukan transaksi dengan nominal tertentu.
  • Spam Call Korban, mendapatkan telepon dari pihak yang mengaku sebagai customer service bank yang meminta mengikuti instruksi pembayaran tertentu yang sebenarnya merupakan penipuan.

Baca Juga: Cara Mudah Top Up LinkAja di ATM hingga Mobile Banking BNI

Jadi, agar anda semakin terlindungi Selular.id punya 6 cara untuk melindungi rekening dari kejahatan perbankan. Berikut langkahnya:

  1. Cermati Nomor yang Masuk

Kalau kamu menerima telepon yang mengaku dari Contact Center perbankan pastikan nomor yang muncul adalah nomor resmi, Contoh: PermataBank Contacter ID 1500111, atau Bank BCA 1500888.

Jangan klik link apapun pada pesan yang dikirimkan melalui WhatsApp, apalagi dari nomor tidak dikenal.  Agar lebih aman, langsung hapus saja pesan tersebut dan blokir kontak.

  1. Gunakan Aplikasi Terdaftar OJK

Sebelum memulai berinvestasi, penting untuk mengetahui apakah perusahaan itu aman atau tidak dengan mengecek daftar di OJK.

Jika perusahaan itu tidak memberikan kejelasan tentang pengelolaan uang yang diberikan investor, maka perusahaan tersebut wajib kita curigai.

  1. Jangan FOMO

FOMO atau fear of missing out merupakan istilah investor yang takut kehilangan momen meraih keuntungan yang belum jelas.

Jangan terbawa arus dengan mengikuti apa kata orang lain. Bagi kalian yang ingin berinvestasi, lebih baik pelajari produk investasi tersebut lebih dalam agar tidak terjebak oleh tren produk investasi orang-orang di sekitar kalian.

Halaman Selanjutnya:

Hindari Isi data…

Baca Juga: Gandeng Bank Jago, Traveloka Salurkan Kredit melalui PayLater