Valve Buatkan Driver Windows 10 Untuk Steam Deck Lebih Kompatibel

Steam windows 10
Ilustrasi Steam Deck (Credit:Darmin)

Selular.ID – Setelah mengirimkan perangkat konsol portablenya setelah membuka sistem pre-oder, sekarang Valve telah mengumumkan sediakan driver Windows 10 untuk Steam Deck.

Driver ini akan mengaktifkan kompatibilitas perangkat keras yang penting bagi mereka yang ingin menggunakan OS Microsoft.

Pentingnya perilisan Driver yang dimulai hari ini, memiliki keunggulan dari segi kompatibel dalam penggunaa u GPU, Wi-Fi, dan Bluetooth.

Valve juga mengatakan driver audio masih dikerjakan dengan AMD, sehingga masih belum  tersedia hingga saat  ini.

Baca Juga: Ada 7 Chromebook Bisa Gunakan Steam Versi Beta di Chrome OS

Dengan demikian, tidak akan ada dukungan audio melalui speaker atau jack headphone di Steam Deck.  Maka pengguna harus menggunakan perangkat audio Bluetooth atau USB.

Untuk saat ini Driver yang disediakan oleh Valve hanya untuk Windows 10. Karena driver Windows 11 sedang dalam pengerjaan.

Windows 11 akan datang  dengan pembaruan BIOS yang mengaktifkan dukungan fTPM yang wajib untuk Windows seri baru tersebut.

Steam Deck saat ini tidak mendukung dual boot,kemungkinan fitur  akan datang nanti. Oleh karena itu, pengguna harus mengganti SteamOS yang ada dengan Windows 10.

Alasan Steam Deck bisa menggunakan driver Windows 10 kareba pada dasarnya adalah PC x86 genggam dan dengan demikian mendukung penginstalan sistem operasi desktop apa pun.

Baca Juga: Valve Telah Hadirkan 100 Game Untuk Siap Dimainkan Pada Steam Deck

Meskipun berbagai fungsi  masih memerlukan dukungan driver asli. Perangkat ini sudah diinstal sebelumnya dengan Valve’s SteamOS, sistem operasi berbasis Linux yang menggunakan emulator Proton untuk menjalankan game Windows di toko Steam.

Meskipun SteamOS dirancang khusus untuk perangkat keras Steam Deck dan diklaim memiliki dukungan game yang layak saat diluncurkan.

Tapi SteamOS masih tidak mendukung setiap game di toko Steam seperti halnya Windows.

Sistem operasi tersebut juga  tidak mendukung penginstalan game dari sumberlain, seperti Epic Games Store atau Microsoft Store, yang terakhir diperlukan untuk Game Pass.

Ini adalah alasan besar untuk ingin menginstal Windows di Steam Deck sekarang, selama Anda bersedia menghadapi kerugiannya.