Penggalangan Dana Dapat Dilakukan Dengan Menggunakan NFT

200 Kreator Tampil di Festival NFT yang Digelar Secara Hybrid, Catat Tanggalnya
200 Kreator Tampil di Festival NFT yang Digelar Secara Hybrid, Catat Tanggalnya

Selular.ID – BeKind, platform aggregator sosial dan teknologi blockchain, meluncurkan Non Fungible Token atau NFT, untuk memfasilitasi pengembangan ekosistem sosial yang memungkinkan penggalangan dana secara kreatif.

Fajar Jasmin, CEO dan Founder BeKind menjelaskan bahwa NFT BeKind ini diluncurkan melalui platform marketplace OpenSea yang sudah bisa diakses mulai 25 Maret lalu.

Menurutnya, proses penggalangan dana seringkali menghadapi berbagai tantangan seperti biaya transaksi yang tinggi, kurangnya transparansi, dan kemungkinan manipulasi pelaporan penyaluran dana.

“Dengan menggunakan blockchain untuk penggalangan dana sosial, diharapkan para donatur maupun filantrop di Indonesia mendapatkan sebuah solusi penggalangan dana inovatif yang lebih transparan dan akuntabel. Pelacakannya juga akan lebih akurat dan transparan,” kata Fajar.

Penggalangan Dana Dapat Dilakukan Dengan Menggunakan NFT
Penggalangan Dana Dapat Dilakukan Dengan Menggunakan NFT

Baca Juga: Selular Congress 2022: NFT, Kripto dan Metaverse, The Next Big Things?

BeKind memungkinkan penggalang dana dan donatur untuk membantu masyarakat yang menghadapi kesulitan ekonomi di tengah pandemi, maupun akibat bencana alam, dengan penyaluran yang bisa lebih terlacak, hemat biaya, dan aman melalui ekosistem yang inovatif.

Penggalangan dana bisa dilakukan melalui pembelian karya digital NFT menggunakan pertukaran token berbasis teknologi blockchain, yang memungkinkan penyimpanan data lebih akurat dan penyaluran dana yang lebih transparan.

Karya digital NFT yang tersedia di marketplace merupakan hasil kolaborasi sejumlah pelaku seni yang difasilitasi BeKind.

Sejumlah karya yang telah diluncurkan sejauh ini adalah kerja sama antara kelompok musik legendaris, KLa Project, dengan seniman pixel art, Pinot W. Ichwandardi., mereka meluncurkan karya digital klip video musik yang menampilkan potongan lagu “Yogyakarta” dengan animasi spesial menggunakan teknologi retro.

Ini merupakan inovasi yang ditawarkan BeKind, karena untuk pertama kalinya, penggalangan dana sosial difasilitasi melalui penyelenggaraan kolaborasi antar-kreator NFT sebagai karya digital.

Baca Juga: Glance Akuisisi Gambit Untuk Tingkatkan Platform Game dan NFT

Selain itu, karya digital NFT musik lainnya yang sudah tersedia di marketplace BeKind adalah hasil kolaborasi kelompok musik Elemen dan seniman pixel art, Pinot W. Ichwandardi, dengan lagu “Kekuatan Cinta”.

Untuk rencana di kemudian hari, BeKind akan melanjutkan penyelenggaraan kolaborasi kreatif dengan berbagai pelaku seni di Indonesia dalam menggalang dana sosial yang bisa membantu sesama. Karya-karya digital BeKind yang sudah diterbitkan saat ini bisa diakses melalui link berikut:https://bekindhub.org/bekind-nftbaik/.