Chipset A16 Hanya Akan Dipasang Pada Dua Seri iPhone 14

Kamera iPhone 14 Terungkap, Ini Teknologi yang Diusung
Kamera iPhone 14 Terungkap, Ini Teknologi yang Diusung

Selular.ID – Apple disebut-sebut sudah mempersiapkan peluncuran iPhone 14 series. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Apple bakal merilis beberapa model iPhone 14 dengan chipset A15-serupa dengan seri iPhone 13, dan lainnya menggunakan chipset A16.

Rumor menyebut iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max mungkin akan menjadi model di jajaran iPhone 14 mendatang yang membawa chip A16 baru. Hal ini diungkap oleh analis terkenal, Ming-Chi Kuo.

Kuo menunjukkan bahwa standar iPhone 14 dan 14 Max akan meninggalkan chipset A15 yang hadir di semua model iPhone 13.

Selain itu, seperti dilaporkan MacRumour, Kuo mengklaim setiap model iPhone 14 akan hadir dengan RAM 6GB. Kedua perangkat kelas atas menampilkan memori LPDDR5 yang ditingkatkan. Sedangkan versi yang lebih murah mempertahankan LPDDR 4X yang ada di iPhone 13.

Baca Juga: iPhone 14 Memasuki Tahap Produksi Uji Coba OEM

Dengan ini, kedua model iPhone 14 tersebut akan meningkat hingga satu setengah kali lebih cepat dan 30% lebih hemat daya.

Bila memang Apple bakal membedakan model iPhone 14 ini berdasarkan chipset-nya, maka ini akan menjadi pertama setelah hampir 1 dekade perusahaan melakukan hal serupa.

Terakhir, Apple membedakan model iPhone berdasarkan chipset-nya pada 2013, ketika iPhone 5S pakai A7 sedangkan iPhone 5C hanya menggunakan A6.

Apple di masa lalu menampilkan model yang lebih mahal dengan prosesor yang memiliki lebih banyak inti atau memori.

Namun, Apple belum menggunakan dua prosesor yang sama sekali berbeda untuk menarik garis antara standar dan premium sejak rilis iPhone 5S dan 5c pada 2013.

Kuo juga memperkirakan iPhone 14 Max akan memiliki layar 6,7 inci. Jika ini benar, maka ini menandai pertama kalinya layar ukuran Pro tersedia di ponsel non-Pro yang lebih murah.

Kuo membuat prediksi serupa pada Juni ketika dia mengatakan Apple mungkin sedang mengerjakan iPhone dengan layar lebih besar yang harganya di bawah 900 dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 12,8 juta.

Baca Juga: Bocoran iPhone 14 Tegaskan Bakal Ditopang Dua Desain Layar Unik

Ukuran layar 5,4 inci tidak ada dalam daftar Kuo, tanda potensial bahwa Apple mungkin akan menghentikan ukuran “mini”.

Apple masih belum secara resmi mengumumkan jajaran iPhone 14, tetapi diharapkan untuk memulai debutnya di acara iPhone mendatang yang biasanya diadakan pada musim gugur.