Berikut Faktor Pertumbuhan Adopsi Telehealth di Era Digital 4.0

Telehealth
Danu wicaksana Acara Seluluar Congress 2022)

Selular.ID – Selain retail dan perbankan, sekarang teknologi juga hadir pada adopsi telehealth/telemedicine yang disambut baik dari segi pengguna maupun investasi.

Terbukti sesuai dengan hasil observasi dari Good Doctor, sebagai layanan telehealth di Indonesia yang dipaparkan pada acara Selular Congress 2022.

Mengungkap bahwa pertumbuhan penggunaan telehealth global, yang meraih peningkatan pengguna pada bulan April.

Selain pengguna, dari sisi investasi juga meningkat. Karena dibandingkan pada tahun 2019, tumbuh hingga dua kali lipat dari hasil penelitian sampai Q4 2020.

Dengan perolehan investasi hingga 14.6 milliar dengan persentase kenaikan hingga 83% dari tahun 2019.

Baca Juga: Centratama Perkuat Bisnis Penyedia Menara Telekomunikasi Independen di Indonesia

Lalu faktor apa saja penyebab tumbuhnya adopsi telehealth secara global? Berikut ulasannya dari hasil observasi dan pengalaman yang dilakukan GoodDoctor pada persentasi SelularCongress 2022.

  • Pertama, Pandemi Covid-19 yang mempercepat pertumbuhan telehealth. Karena Covid telah mengubah minat konsumen telehub hingga 76% pada 2020.
  • Penyedia layanan kesehatan (Healthcare) dengan cepat meningkatkan telehealth karena faktor kesenjangan perawatan yang dilaporkan hingga 50–175x.
  • Sedangkan Regulator, mengizinkan telehealth untuk memperluas untuk menyediakan 80 layanan baru vs dalam beberapa tahun sebelum.

Halaman Selanjutnya:

Sedangkan faktor …..

Baca Juga: Satelit HBS Bakal Layani Kebutuhan Telekomunikasi Nasional dan ASEAN