Ada Fitur Terbaru di Ponsel Android, Mengenai Peringatan Serangan Udara

Super App Terbaik di Asia Tenggara, Ini Nomor Satu Berdasarkan Survei
Super App Terbaik di Asia Tenggara, Ini Nomor Satu Berdasarkan Survei

Selular.ID – Google meluncurkan sistem peringatan serangan udara ke semua ponsel Android di Ukraina, atau fitur Air Raid Alerts, untuk membantu mereka kembali ke tempat yang aman dari serangan Rusia yang masuk.

Fitur tersebut fungsinya, memberikan sinyal jika ada serangan udara dari Rusia. Fitur baru diumumkan melalui pembaruan pada posting blog beberapa waktu lalu. Hal ini dilakukan Google setelah invasi Rusia ke Ukraina.

“Tragisnya, jutaan orang di Ukraina sekarang mengandalkan peringatan serangan udara untuk mencoba menyelamatkan diri,” kata Kent Walker, Presiden Google Global.

Google mulai meluncurkan sistem peringatan serangan udara ini di Ukraina atas permintaan dan dengan bantuan pemerintah negara tersebut, melalui Layanan Google Play, layanan Android yang digunakan untuk memperbarui aplikasi dari Google Play.

Seperti yang dijelaskan Walker, sistem peringatan serangan udara yang diluncurkan ke ponsel Android Ukraina, merupakan tambahan untuk sistem peringatan serangan udara yang ada di negara itu, dan menggunakan info peringatan serangan udara yang disediakan oleh pemerintah Ukraina.

Baca Juga: Tampilan Google Doodle 8 Maret 2022 Rayakan Hari Perempuan Internasional

Menurut XDA-Developers, fitur ini hanya menggunakan perkiraan lokasi perangkat untuk mengirim pemberitahuan tentang potensi serangan udara. Google tidak menggunakan informasi lokasi ini untuk melacak atau mengidentifikasi Anda.

Dave Burke, Google Engineering VP untuk Android, sistem ini memanfaatkan mekanisme peringatan latensi rendah Google yang dibuat untuk peringatan gempa.