Xiaomi 12 Ultra Bakal Dimotori Chipset Snapdragon 8 Gen 1 Plus

Snapdragon 8 Gen 1 Plus Meluncur Minggu Depan
Snapdragon 8 Gen 1 Plus Meluncur Minggu Depan

Selular.ID – Setelah kehadirannya telah dipastikan, berbagai bocoran mengenai Xiaomi 12 Ultra mulai beredar. Salah satunya adalah chipset apa yang nantinya akan digunakan di dapur pacu Xiaomi 12 Ultra.

Bocoran terbaru menyebutkan, Xiaomi 12 Ultra akan ditenagai chipset baru Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 Plus yang akan datang.

Kabar ini diperoleh leakers yang sudah populer, Digital Chat Station di Weibo. Dalam postingannya di Weibo, mereka menyebutkan bahwa Xiaomi L2S dengan nomor model 2206122SC, menggunakan chipset Qualcomm SM8475 yang tidak diumumkan sebelumnya.

Digital Chat Station juga mengungkapkan bahwa tanggal peluncuran perangkat tersebut akan terjadi pada Q3 2022. Meski ia tidak menyebutkan tanggal pastinya.

Baca Juga: Spesifikasi Utama Xiaomi 12 Ultra Beredar

Pada bocoran sebelumnya, Xiaomi L2S merupakan kode untuk Xiaomi 12 Ultra di database IMEI. Sementara chipset Qualcomm SM8475 adalah penerus Qualcomm SM8450 atau lebih dikenal dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1.

Qualcomm SM8475 dikabarkan akan disebut Snapdragon 8 Gen 1 Plus, dan kali ini diharapkan akan diproduksi di bawah proses 4nm TSMC, bukan 4nm dari Samsung.

Tentunya ini menjadi kabar yang menggembirakan bagi calon konsumen yang bersabar untuk tidak membeli Xiaomi 12 atau Xiaomi 12 Pro, dan memutuskan menunggu Xiaomi 12 Ultra.

Sebelumnya chip Snapdragon 8 Gen 1 mengalami masalah panas yang berlebih, seperti yang dialami pada Snapdragon 888. Masalah ini dialami oleh banyak perangkat yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 1, seperti Xiaomi 12, 12 Pro, Motorola Edge X30, dan Realme GT 2 Pro.

Banyak yang mengaitkan kekurangan chip ini akibat proses 4nm Samsung. Ini karena chipset unggulan Qualcomm sebelumnya seperti Snapdragon 870, Snapdragon 865, dan Snapdragon 855 tidak menunjukkan masalah seperti ini, karena ketiganya dibuat di bawah TSMC.

Baca Juga: Xiaomi 12 Series Akan Bertenaga Snapdragon 8 Gen 1

Akibat keluhan yang terus meningkat dari produsen ponsel dan konsumen, Qualcomm dilaporkan akan kembali ke TSMC untuk chipset Snapdragon 8 Gen 1 Plus, dan akan menggunakan proses 4nm terbaru TSMC.

TSMC juga mengklaim bahwa mereka membawa teknologi termal yang lebih baik, efisiensi daya yang lebih baik dan performa yang juga lebih baik dari pendahulunya.