Pasca Tutup OS, BlackBerry Jual Paten Ponsel Kepada Perusahaan AS

blackberry
Kantor BlackBerry

Selular.ID – Mantan raksasa handset BlackBerry mencapai kesepakatan untuk menjual sisa paten yang terkait dengan bisnis selulernya yang sudah tidak berfungsi kepada perusahaan IP spesialis, dalam transaksi senilai $600 juta.

Ini adalah langkah pamungkas, setelah pada awal Januari lalu, perusahaan yang berbasis di Waterloo, Kanada itu, menghentikan OS Blackberry.

BlackBerry menyatakan aset tersebut sebagian besar terkait dengan perangkat seluler, perpesanan, dan jaringan nirkabel, dan akan dijual ke perusahaan Catapult IP Innovations yang berbasis di AS dengan asumsi kesepakatan itu melalui regulator.

Setiap IP yang terkait dengan lini bisnis aktifnya telah dikeluarkan dari kesepakatan. Vendor yang pernah berjaya di industri smartphone itu, akan menerima $450 juta pada penutupan kesepakatan, dengan sisa saldo dibayar dengan mencicil.

Baca Juga: Selamat Tinggal BlackBerry 

Catapult IP Innovations adalah perusahaan yang didirikan untuk membeli aset dan didukung oleh sindikat pinjaman yang mencakup dana pensiun Kanada.

Penjualan paten adalah langkah terbaru untuk akhirnya menutup buku tentang bisnis perangkat BlackBerry yang pernah sangat sukses.

Pada Januari 2021, BlackBerry mengonfirmasi laporan media bahwa mereka telah melepas beberapa paten ponselnya ke Huawei. Langkah itu dengan sendirinya menonaktifkan dukungan untuk sistem operasi terakhirnya dan perangkat lunak telepon terkait.

Sejak berhenti membuat perangkat selulernya sendiri pada 2016 demi model lisensi, BlackBerry telah memusatkan bisnisnya pada perangkat lunak perusahaan dengan fokus pada produk keamanan.

Baca Juga: Bersama dengan Blackberry, Enam OS Ini Telah Beristirahat dengan Tenang

Keputusan itu membuat Blackberry bergabung pada vendor yang telah tumbang dilibas kerasnya persaingan teknologi.