Nintendo Switch Terjual 103 Juta Unit, Kalahkan Penjualan Wii

Nintendo Switch Terjual 103 Juta Unit, Kalahkan Penjualan Wii
Nintendo Switch Terjual 103 Juta Unit, Kalahkan Penjualan Wii

Selular.ID – Nintendo Switch menjadi pilihan sebagai produk game konsol paling banyak diminati mengalahkan Playstation dan Xbox. Hal ini dapat dilihat dari penjualan Nintendo Switch, perangkat ini terjual mencapai 103 Juta Unit.

Hal tersebut diumumkan Nintendo pada Kamis,(03/02/22), disebutkan perusahaan seperti dirangkum Polygon, bahwa pada 31 Desember 2021, perusahaan telah menjual 103,54 juta unit, melampaui penjualan Wii sebesar 101,63 juta unit.

Switch mencapai 100 juta penjualan lebih cepat daripada konsol lain hingga saat ini, termasuk pesaing dari Sony dan Microsoft.

Nintendo tampaknya yakin bahwa Switch akan melanjutkan laju penjualannya yang mengesankan di tahun ini.

Baca Juga: Rumor: Apple Bakal Meluncurkan Perangkat Serupa Nintendo Switch

Menurut sebuah laporan Bloomberg , Shuntaro Furukawa presiden Nintendo mengatakan Switch siap mendobrak pola konsol sebelumnya yang melihat momentum melemah di tahun keenam mereka di pasar dan tumbuh lebih jauh.

Perusahaan mengharapkan untuk menjual 23 juta konsol lagi (turun dari yang diproyeksikan 24 juta) pada kuartal mendatang.

Seperti dikatahui, Switch diluncurkan pada Maret 2017 seharga $299,99, atau sekita Rp3.9 jutaan, dan akan merayakan ulang tahun kelima bulan depan, masih tetap stabil pada harga itu.

Switch masih memiliki jalan panjang sebelum berhasil menjadi perangkat genggam khusus terlaris Nintendo. Menurut data penjualan Nintendo yang dibagikan secara publik , Nintendo DS masih menjadi yang terlaris sepanjang masa, dengan lebih dari 154 juta unit. Garis Game Boy asli (termasuk Game Boy Color), terjual lebih dari 118 juta unit.

Selain punya fitur yang bisa digunakan secara mobile dibanding konsol lainnya, ada juga game khusus yang dimiliki Nintendo Switch membuat produknya laku keras di pasar game global, karena adanya game eksklusif yaitu Animal Crossing: New Horizon.

Terbukti memang game tersebut sempat gempar di kalangan pasar game global, ketika awal-awal pandemi.

Baca Juga: Nintendo Switch Produk Konsol Paling Laku Dibanding PS dan Xbox

Selain itu, selama periode 2020 sampai 2021 banyak sejumlah game baru yang eksklusif hanya bisa digunakan pada Nintendo Switch membuat konsol ini makin laku dibeli. Diantaranya adalah Monster Hunter Rise, Pokemon Brilliant Diamond and Shining Pearl, dan Super Mario 3D World+ Bowser’s Fury.

Kedepannya, juga masih menjadi kemungkinan bahwa penjualan Nintendo Switch akan makin meroket dan meninggalkan para pesaingnya.