Apple Tidak Tertandingi di Pasar Tablet, 57 Juta iPad Terkirim 2021

iPad Pro 2022 Kabarnya Bakal Punya 4 Smart Connector
iPad Pro 2022 Kabarnya Bakal Punya 4 Smart Connector

Selular.ID – Laporan terbaru dari International Data Corporation (IDC), Apple tetap dominan di pasar tablet dengan penawaran iPad -nya.

Raksasa Cupertino mempertahankan posisi teratas dengan 57,8 juta unit dikirimkan pada tahun 2021. Apple menikmati pangsa pasar 34,2% dan mengalami pertumbuhan tahunan 8,4%.

Apple juga mengirimkan tablet terbanyak pada Q4 2021 dengan 17,5 juta, namun, merek tersebut mengalami penurunan pengiriman 8,6% jika dibandingkan dengan Q4 tahun 2020.

Meskipun kuartal keempat tahun 2021 mengalami penurunan pengiriman tablet sebesar 11,9% jika dibandingkan dengan Q4 2020, total pengiriman tumbuh sebesar 3,2% jika dihitung sepanjang tahun.

Baca Juga: iPad Pro 2022 Punya Modul Kamera Mirip iPhone 13 & Fitur Wireless Charging

Di tempat kedua, ada Samsung dengan 30,9 juta pengiriman tablet pada tahun 2021. Raksasa Korea Selatan ini menguasai 18,3% pangsa pasar dan menikmati pertumbuhan tahunan 3,8% di segmen tablet.

Apple Tidak Tertandingi di Pasar Tablet, 57 Juta iPad Terkirim 2021
Apple Tidak Tertandingi di Pasar Tablet, 57 Juta iPad Terkirim 2021

Samsung mengirimkan 7,3 juta tablet pada Q4 2021 yang merupakan penurunan 21,6% dibandingkan Q4 2020.

Lenovo berada di urutan ketiga dengan 17,7 juta pengiriman tablet pada tahun 2021, yang merupakan pertumbuhan tahunan 19,2% dibandingkan tahun 2020. Perusahaan mengirimkan 4,6 juta tablet pada kuartal terakhir tahun 2021 yang merupakan 1,6 juta penjualan dibandingkan volume yang dikirimkan oleh merek tersebut pada Q4 tahun 2020.

Amazon mengirimkan 16,1 juta Tablet Api pada tahun 2021 sehingga menjadikannya pangsa pasar tablet terbesar keempat dengan 9,5%. Merek tersebut tumbuh 15,1% dibandingkan tahun 2020 dan bahkan menikmati pertumbuhan positif sebesar 1,3% dalam pengiriman Q4 tahun-ke-tahun.

Di posisi kelima, ada Huawei dan Honor yang mengalami penurunan pengiriman 32,1% pada 9,7 juta unit yang dikirimkan pada tahun 2021. Namun, penurunan awal dalam volume pengiriman agak stabil pada Q4 tahun 2021, dengan merek tersebut mengirimkan 2,5 juta tablet dibandingkan dengan 2,9 juta pengiriman pada Q4 2020.

Baca Juga: Spesifikasi dan Peluncuran iPad Air 5 Terungkap

Penurunan tajam dalam jumlah pengiriman tahunan kemungkinan besar karena sanksi baru-baru ini oleh Amerika Serikat (AS), yang mencegah merek melakukan bisnis dengan perusahaan Amerika seperti Qualcomm dan bahkan TSMC Taiwan, yang merupakan produsen kontrak terkemuka untuk chipset di dunia.

Meskipun pasar bergerak melewati permintaan puncaknya untuk tablet, analis riset senior Anutoopa Nataraj telah menyatakan bahwa pengiriman akan tetap di atas tingkat pra-pandemi karena pembelajaran virtual, kerja jarak jauh, dan konsumsi media tetap menjadi prioritas bagi pengguna.

.