Aplikasi Ini Bisa Kembalikan Pesan WhatsApp Terhapus

Penguna iPhone Lawas, WhatsApp Tak Lagi Beri Dukungan iOS 10 dan 11

Selular.ID – Salah satu aplikasi pihak ketiga aplikasi WAMR, diduga mengambil data yang dihapus dari WhatsApp, Facebook Messenger, dan platform chat lainnya.WhatsApp sendiri sebenarnya tidak menyediakan dukungan ini karena justru mengancam privasi pengguna.

Seperti dilaporkan BGR, Aplikasi WAMR yang juga tersedia di Android mengaku memiliki fitur yang bisa mengembalikan pesan WhatsApp tersebut ternyata justru menyimpan bahaya.

Untuk melakukan itu, seperti dilaporkan BGR aplikasi ini melakukannya dengan cara membaca data yang sudah terhapus oleh WhatsApp.

Baca Juga: WhatsApp Bakal Muncul di iPad? Ini Penjelasan CEO Will Cathcart

Aplikasi WAMR bisa menggunakan riwayat notifikasi di ponsel Android untuk membuat backup dan membaca pesan.

Karena enkripsi pada perangkat Android, WAMR tidak bisa mengakses pesan secara langsung. Sebagai gantinya, aplikasi menggunakan riwayat notifikasi di ponsel Android pengguna untuk membaca dan membuat backup pesan.

Selanjutnya, aplikasi WAMR akan mendeteksi pesan WhatsApp yang sudah dihapus dan menampilkan notifikasi kepada pengguna. WAMR bisa memulihkan atau mengembalikan pesan WhatsApp yang sudah dihapus baik teks, audio, foto, video, dan sticker.

WAMR sendiri menyatakan bahwa cara ini tidak resmi dan bisa bertentangan dengan izin dari aplikasi WhatsApp.

Tentu saja untuk melakukan itu aplikasi WAMR membutuhkan izin akses ke sejumlah fitur dan sistem smartphone Android. Hal ini memberikan celah keamanan pada privasi data di perangkat.

Baca Juga: Cara Download Foto dan Video di Story WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Hal ini menandakan apabila suatu hari WAMR memiliki celah keamanan yang bisa dieksploitasi maka dipastikan data di dalam smartphone penggunanya bisa langsung dicuri, hingga saat ini WAMR diketahui sudah diunduh sebanyak 10 juta kali.