Alasan Qualcomm Alihkan Produksi Chip dari Samsung ke TSMC

Detail Chip Qualcomm Snapdragon Wear 5100 Series Bocor,
Detail Chip Qualcomm Snapdragon Wear 5100 Series Bocor,

Selular. ID – Samsung dilaporkan telah kehilangan pesanan memproduksi chip seri Snapdragon Qualcomm. Hal ini tentu ada alasan mendasar, yang membuat Qualcomm alihkan produksi Chip dari Samsung ke TSMC.

Kekurangan chip global memberikan tekanan besar pada pembuat chip. Jika mereka tidak dapat memenuhi persyaratan pasokan klien karena masalah dengan hasil atau teknologi, pesanan akan dikirim ke tempat lain. Itulah yang sekarang diputuskan oleh Qualcomm.

Sebuah laporan baru dari Korea Selatan mengklaim bahwa Qualcomm telah memutuskan untuk membuat TSMC memproduksi semua prosesor 3nm generasi berikutnya, bukan Samsung. Ini dikatakan karena masalah hasil Samsung.

Menurut laporan itu, seperti dikutip Gizmochina, Samsung menghadapi masalah besar dengan produksi chip Snapdragon karena tingkat hasil untuk chip Snapdragon 8 Gen 1 adalah sekitar 35%.

Baca Juga: Qualcomm Pastikan Snapdragon 8 Gen 1 Cocok Untuk Smartphone Premium 2022

Artinya, dari 100 chip yang diproduksi, hanya 35 chip yang cukup baik untuk digunakan oleh produsen ponsel. tentunya Tingkat hasil itu cukup buruk,

Kini dilaporkan Qualcomm dan TSMC sedang dalam pembicaraan. Dikatakan bahwa tingkat hasil untuk chip 4nm dari TSMC adalah sekitar 70%, dua kali lipat dari apa yang ditawarkan Samsung.

Dilaporkan juga bahwa bersama dengan Qualcomm, NVIDIA juga pindah dari Samsung ke TSMC untuk chip grafis 7nm, yang semula direncanakan akan diproduksi Samsung.

Ada laporan tentang rencana Qualcomm meluncurkan versi “Plus” dari chipset Snapdragon 8 Gen 1 lebih awal dari biasanya, sekitar kuartal kedua, dan chipset baru ini akan diproduksi oleh TSMC dan bukan Samsung.

Baca Juga: Amblasnya Penjualan Huawei Mendorong Kinerja Apple dan Qualcomm

Seperti diketahui Qualcomm baru-baru ini meluncurkan chipset unggulan Snapdragon 8 Gen 1 yang diproduksi menggunakan node proses 4nm dari Samsung.

Pesanan untuk membuat chip Snapdragon adalah kemenangan besar bagi Samsung Foundry. Sepertinya tak sesuai harapan membuat Qualcomm beralih ke TSMC, yang sebelumnya Samsung.