Video: Andromeda OS dari Microsoft Akan Menggantikan Android di Surface Duo

Selular.ID – Microsoft kembali mengembangkan sistem operasi yang ditujukan menjadi alternatif Android. Smartphone Android pertama Microsoft, Surface Duo, ditargetkan menjadi perangkat pertama yang akan mencicipi Andromeda OS.

Seperti diketahui, sebelumnya Microsoft pernah menjadi pesaing sengit Android selama bertahun-tahun melalui Windows Phone (dan kemudian Windows 10 Mobile). Tetapi pamornya tak kunjung meluas dan akhirnya dimatikan.

Sementara Andromeda OS dirancang berjalan di perangkat dengan layar ganda. Sebagai awalan, perusahaan akan menggunakan ponsel Surface Duo.

Berkat gambar dan video baru, sekarang kita memiliki gambaran lebih jelas tentang bagaimana tampilan dan fungsi Andromeda OS jika nanti diluncurkan.

Bukan Surface Duo, tim Windows Central mendapatkan ponsel Lumia 950 yang menjalankan versi awal Andromeda OS.

Baca Juga: Ponsel Lipat Surface Duo 2 Terima Update OS yang Mengecewakan

Kendati OS ini tidak dirancang untuk berjalan pada perangkat layar tunggal, para insinyur di Microsoft kemungkinan tetap menggunakan ponsel umum untuk menguji prototipe OS.

Banyak bagian UI terlihat hampir identik dengan Windows Phone dan sesuai dengan estetika Windows 10 secara umum, dan ini bukan hal yang buruk.

Meskipun kita tidak bisa melihatnya secara maksimal karena itu tidak berjalan pada perangkat layar ganda, pengaruhnya terlihat jelas di seluruh sistem operasi.

Baca Juga: Microsoft Surface Laptop Studio Usung Desain 2-in-1

Andromeda OS memiliki fitur “Jurnal” yang memungkinkan pengguna mencatat hal-hal dengan stylus di mana pun diinginkan, bahkan di layar terkunci.

Dukungan gerakan juga bisa terlihat, dan terlihat mode layar ganda awal (sebagai mode layar terpisah yang canggung karena tidak ada layar kedua).

Pengembangan Andromeda OS bisa saja lanjut, bisa juga tidak. Karena perusahaan punya pengalaman pahit dengan Windows Phone dan akhirnya memutuskan untuk tetap menggunakan platform Android yang sudah teruji untuk smartphone-nya.

Meskipun jika smartphone Surface Duo mendatang diluncurkan dengan ini, konsumen tetap harus bertanya, apakah OS itu akan diperbarui.

Baca Juga: Microsoft Matikan Aplikasi Cortana di Android dan iOS