Tak Hanya Indonesia, Demam Merger Juga Melanda Operator di Banyak Negara Asia

Taiwan – Rencana Merger Taiwan Mobile dan Taiwan Star Telecom

Taiwan Mobile dan Taiwan Star Telecom (T Star) sepakat untuk menggabungkan operasi mereka, menciptakan operator terbesar di negara itu dengan 9,8 juta pelanggan dan penguasaan 100MHz spektrum pada pita 3,5GHz.

Dalam sebuah pernyataan, Taiwan Mobile, dengan 7,3 juta pelanggan pada akhir 2021, mencatat bahwa pihaknya berencana untuk menerbitkan 282 juta saham baru untuk merger saham-untuk-saham. Dewan operator menyetujui kesepakatan itu pada 30 Desember 2021.

T Star pada akhir Desember 2021 memiliki 2,5 juta pelanggan, data dari GSMA Intelligence menunjukkan. Pemimpin pasar saat ini Chunghwa Telecom mendulang 9,7 juta pengguna. Sementara pesaing terdekat, Far EasTone memiliki sekitar 7 juta.

Chairman Taiwan Mobile Daniel Tsai menjelaskan merger bertujuan untuk mengintegrasikan kepemilikan spektrum 5G masing-masing operator, membuat penyebaran infrastruktur selular lebih efisien dan bergerak menuju masa depan yang rendah karbon dan berkelanjutan.

“Penggabungan ini akan menghasilkan lebih dari sekadar jumlah bagiannya dan baik untuk konsumen,” tambah Tsai.

Perusahaan yang bergabung akan memiliki 11.000 BTS 5G, memberikan cakupan populasi 90 persen. T Star memiliki spektrum di pita 900MHz (40MHz), 2,6GHz, dan 3,5GHz. Sementara kepemilikan Taiwan Mobile mencakup gelombang udara di pita 700MHz, 1,8GHz, 2,1GHz, 3,5GHz, dan 28GHz.

Setelah kesepakatan selesai, jaringan 3G dan ribuan BTS 4G yang berlebihan akan dimatikan, bersama-sama dengan sistem hemat energi Taiwan Mobile akan menghemat konsumsi daya 40 juta kilowatt-jam yang diklaim per tahun. Setelah jaringan 5G T Star ditutup, penghematan daya tahunan akan mencapai 100 juta hingga 200 juta kWh.

Langkah merger sudah diupayakan oleh Taiwan Mobile dan T Star. Namun perjanjian tersebut memerlukan persetujuan dari dua lembaga pemerintah Taiwan, yaitu Komisi Komunikasi Nasional dan Komisi Perdagangan yang Adil.

Baca Juga: Geliat Merger dan Akuisisi Perusahaan Telekomunikasi yang Curi Perhatian Sepanjang 2021

Halaman Selanjutnya

India – Merger Antara Vodafone dan Idea Cellular