Steam Deck Mulai dijual 25 Februari, Akan Menjadi Kompetitor Nintendo Switch

Steam Deck

Selular.ID –  Sempat ramai di kalangan gamers bahwa Steam Deck siap masuk ke pasar game konsol portabel. Sekarang telah diumumkan akan rilis 25 Februari dan akan menyaingi Nintendo Switch.

Setelah alami penundaan selamadua bulan, Steam Deck Valve akan diluncurkan pada akhir Februari. berdasarkan  posting blog yang diterbitkan valve sebagai pengembang perangkat game tersebut pada Rabu (27/01), Perusahaan yang juga pemilik platform jual beli game Steam, Valve mengatakan akan membuka pesanan untuk batch pertama bagi yang telah berhasil melakukan reservasi.

Pelanggan tersebut akan memiliki waktu 72 jam untuk membeli perangkat Steam Deck. Tapi jika mereka tidak menggunakan kesempatan itu, Valve akan melepaskan kepada pengguna  yang juga melakukan antrian reservasi.

Pesanan pertama akan mulai dikirim pada 28 Februari. Ke depan, Valve mengatakan pihaknya berencana membuka pesanan ke lebih banyak pelanggan setiap minggunya.

Baca Juga: Resident Evil Village Capai 100 Ribu Pemain di Steam

Valve telah merencanakan untuk merilis Steam Deck pada akhir tahun 2021, tetapi karena kekurangan suku cadang, perusahaan menunda tanggal itu kembali.

Mengutip dari engadget bahwa perusahaan meminta maaf bagi calon pelanggan yang sedang menunggu Steam Deck, yang harus menunggu lebih lama dikarenakan pihak Valve mengalami masalah fasilitas manufaktur.

“Kami minta maaf tentang ini – kami melakukan yang terbaik untuk mengatasi masalah rantai pasokan global,Komponen tidak mencapai fasilitas manufaktur kami tepat waktu untuk memenuhi tanggal peluncuran awal kami.” Ucap Valve

Baca Juga: Akibat Corona, Steam Pecahkan Rekor dengan 20 Juta Pemain

Masuk ke sektor harga,  untuk Steam Deck dengan penyimpanan internal eMMC 64GB mulai dari $399 sekitar Rp5,7 juta dan bonus tas, ada juga model dengan penyimpanan NVMe 256GB $529 sekitar Rp7, 6 juta hingga 512GB $649 jika dirupiahkan sekitar 9,3 Juta.

Versi paling mahal juga hadir dengan layar anti-silau premium. Chipset kustom dari valve memiliki prosesor 2.4GHz dan GPU dengan delapan unit komputer RDNA 2. Kapasitas Memorinya juga dilengkapi dengan 16GB RAM LPDDR5.

Baca Juga: Akibat Corona, Steam Pecahkan Rekor dengan 20 Juta Pemain