Prediksi Layar iPad Terbaru, Pakai Layar OLED 15 Inci

iPad OLED
Layar iPad Mengguakan Oled 15 inci

Selular.ID – Desas-desus terbaru menunjukkan bahwa Apple bekerja sama dengan BOE pada panel OLED berukuran lebih besar yang ditujukan untuk Mac dan iPad. Dengan pabrik BOE yang baru-baru ini dikonversi mampu memproduksi layar OLED yang berukuran hingga 15 inci.

Saat ini, Apple menggunakan layar OLED untuk iPhone dan Apple Watch, tetapi Mac dan iPad terbatas pada LCD dan mini-LED. Ada desas-desus tentang minat Apple pada panel OLED untuk perangkat seperti Mac dan iPad, tetapi teknologinya mungkin masih beberapa tahun lagi karena tingginya biaya panel layar OLED.

Namun untuk 2024, Apple kemungkinan akan merilis iPad dengan layar OLED yang disediakan oleh Samsung. Menurut laporan dari The Elec, Samsung sedang mengembangkan peralatan yang diperlukan untuk membuat panel OLED yang diinginkan Apple untuk iPad-nya, tetapi Apple perlu membuat pesanan yang cukup besar untuk membuat proyek tersebut layak secara finansial.

Elec mengatakan bahwa Apple dan Samsung bekerja sama untuk membuat panel OLED 10,86 inci pada tahun 2021, tetapi pengerjaan layar dihentikan pada kuartal ketiga.

Apple meminta panel dengan “struktur tandem dua tumpukan”, tetapi proyek tersebut terlalu mahal untuk Samsung dan Samsung tidak dapat memproduksi panel dalam jumlah yang cukup dengan harga yang tepat.

Untuk kolaborasi kedua, jika Apple menempatkan “pesanan yang cukup besar,” Samsung akan dapat menyelesaikan rencana pengeluarannya selama kuartal kedua 2022, memesan peralatan yang diperlukan selama kuartal ketiga.

Peralatan tersebut diharapkan akan dikirimkan pada tahun 2023 untuk Samsung  memproduksi layar yang ditujukan untuk iPad OLED 2024.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa Samsung sedang bekerja memperluas panel OLED TI Gen 8.5 untuk menawarkan teknologi yang diinginkan Apple, dengan harga yang disesuaikan Apple, tetapi membutuhkan mesin baru untuk melakukannya serta persetujuan Apple.

Substrat Gen 5.5 dan Gen 6 Samsung saat ini membuat panel terlalu mahal karena tidak ada cukup unit yang dipotong per substrat.

Pengembangan pembuat panel layar Korea Selatan dari mesin deposisi vertikal, bekerja sama dengan Ulvac Jepang, untuk digunakan pada panel OLED IT Gen 8.5 yang dimulai tahun lalu sedang berlangsung pada Januari 2022.

Baca Juga: iPad Pro 2024 Bakal Gunakan Layar OLED

Peralatan tersebut, bersama dengan masker logam halus (FMM) yang digunakan untuk menyimpan bahan organik secara tepat, merupakan teknologi utama yang diperlukan untuk mengkomersialkan panel OLED IT Gen 8.5.

Peluncuran iPad OLED 2024 mungkin bergantung pada apakah Apple memutuskan untuk memesan sejumlah besar panel layar OLED dari Samsung, tetapi Apple juga dapat memilih untuk menggunakan panel dari penyedia layar lain.