IOH Kini Bergabung dengan Liga 100 Juta, Janjikan Layanan yang Lebih Inovatif

IOH Kini Bergabung dengan Liga 100 Juta, Janjikan Layanan yang Lebih Inovatif
Tampak pada gambar Appointed President Director Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha bersama Director & Chief Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison Muhammad Buldansyah dan Director & Chief Human Resources Officer, Irsyad Sahroni

Selular.ID – Pasca konsolidasi yang terjadi di awal tahun ini, kompetisi antar operator selular di Indonesia, mengerucut pada empat pemain. Kini keempat pemain yang tersisa adalah Telkomsel, Smartfren, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH).

Dengan jumlah yang mendekati ideal, peluang operator untuk bertumbuh di era data terbuka lebar. Sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir, kompetisi yang ketat menyebabkan pertumbuhan revenue yang diraih operator terbilang landai.

Malah pada 2018, untuk pertama kalinya operator tumbuh negatif, sebesar 6,4%. Imbas beralihnya pengguna dari basic service (SMS dan voice) ke layanan data. Padahal, selama bertahun-tahun sebelumnya, SMS dan voice menjadi lumbung utama operator.

Di sisi lain, layanan data belum sepenuhnya mampu mengompensasi penurunan pendapatan dari basic service. Meski pertumbuhannya terbilang eksponensial, seiring dengan tingginya kebutuhan masyarakat terhadap mobile internet. Pasalnya, tarif data di Indonesia masih terbilang murah. Itu sebabnya, demi menyehatkan kembali industri selular, langkah konsolidasi menjadi tak terelakkan.

Sebagai operator baru hasil merger, posisi IOH langsung melonjak menjadi operator terbesar kedua di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 100 juta pelanggan diangkut oleh IOH. Jumlah itu hanya kalah banyak dari Telkomsel yang memiliki sekitar 173,5 juta pelanggan pada kuartal ketiga 2021.

Bersama dengan Telkomsel, IOH kini bergabung di liga 100 juta. Hanya segelintir operator di dunia yang memiliki jumlah pelanggan sebanyak itu. Sebut saja China Mobile, China Unicom, Bharti Airtel, Reliance Jio, Vodafone, dan Verizon Wireless.

Baca Juga: Indosat Ooredoo Hutchison Andalkan Merah Satu Pasarkan Paket Prime

Halaman Selanjutnya

Menurut Dirut dan CEO IOH…