Distribusi Set Top Box Gratis Usung Skema Pemberian Langsung

Cara menonton TV digital tanpa STB
Cara menonton TV digital tanpa STB

Selular.ID – Kementerian Kominfo bakal mengusung skema door-to-door dalam pembagian set top box (STB) gratis. Rencana pemberian STB tahap pertama ini direncanakan bakal dilakukan mulai 15 Maret hingga 30 April 2022 mendatang.

Ismail, Plt Dirjen PPI Kementerian Kominfo, menjelaskan pendistribusian dilakukan dengan pihak ketiga logistik. Selain distribusi, mereka juga sekaligus melakukan validasi.

“Kami merencanakan STB langsung dibawa, langsung divalidasi. Karena kalau kita validasi terlebih dahulu, kemudian distribusi itu akan dua kali costnya,” Jelas Ismail.

Baca juga: Ketersediaan Set Top Box Gratis Tahap Pertama Terpenuhi

Untuk nama dan alamat para penerima STB TV digital gratis juga sudah berada di tangan pihak logistik.

“Petugas akan melakukan serah terima STB bisa dalam dua bentuk yakni surat atau kertas ditandatangani bersama atau dalam bentuk elektronik. Ini disampaikan melakukan pemindaian QR Code dan berita acara serah terima,” papar Ismail.

Sekedar tambahan set top box gratis tahap pertama migrasi siaran analog ke digital telah terpenuhi secara jumlah, yakini ada sekitar 3.203.854 STB yang tersedia untuk 166 kabupaten dan kota.

Sementara di tahap kedua untuk 96 kabupaten dan kota dibutuhkan Kembali sebanyak 2.011.941 dari total kebutuhan 2.165.890 STB.

Baca juga: Jelang Migrasi TV Digital Tahap I, Polytron Genjot Produksi Set Top Box di Tengah Keterbatasan Chip

Sedangkan di tahap ketiga, ada 65 kabupaten kota dengan kebutuhan 1.368.227 STB, yang kini belum jelas kabarnya.

Lalu merujuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial, terdapat jumlah maksimal penerima bantuan STB sebanyak 6.737.971 Rumah Tangga Miskin.