CEO Google dan Facebook Tandatangani Kesepakatan Rahasia

di dunia

Selular.ID – Sundar Pichai dan Mark Zuckerberg, masing-masing CEO Google dan Facebook, diduga menandatangani kesepakatan iklan rahasia dan ilegal menurut BuzzFeed.

Akibatnya, Facebook diberi “informasi, kecepatan, dan keuntungan lain” selama lelang ruang iklan yang dijalankan oleh Google.

Kemarin, dokumen pengadilan yang tidak diedit mengungkapkan keterlibatan dua CEO dalam kesepakatan itu.

Dokumen tersebut berasal dari keluhan yang berasal dari Texas dan negara bagian lain pada Desember 2020 yang menuduh Google melakukan “tindakan palsu, menipu, atau menyesatkan” saat menjalankan sistem lelang jual beli untuk iklan digital.

Keluhan tersebut menyatakan bahwa Google bekerja sama dengan Facebook pada tahun 2018 yang disebut Google “Jedi Blue,” nama yang sesuai dengan franchise film Star Wars.

Baca Juga: RUU Antimonopoli Baru Akan Melemahkan Dominasi Google, Amazon, Facebook, Apple

Facebook membuat Google terkesima dengan mempromosikan metode yang disebut “penawaran header” yang merupakan ancaman bagi Google.

Dengan “penawaran header”, penayang menawarkan inventaris ke beberapa bursa iklan sebelum memanggil server iklan mereka. Dengan meningkatkan permintaan untuk inventaris terbatas, penerbit menghasilkan lebih banyak uang.

Menurut pengaduan yang dirilis pada hari Jumat, “Google memahami potensi ancaman terhadap posisinya jika Facebook memasuki pasar dan mendukung penawaran header. Untuk meredakan ancaman ini, Google membuat tawaran ke Facebook.”

Kesepakatan itu dibuat di tingkat tertinggi dari kedua perusahaan dan keluhan menuduh “CEO Google Sundar Pichai juga secara pribadi menandatangani persyaratan kesepakatan.”

Keluhan juga mengungkapkan CEO Facebook Zuckerberg ingin bertemu dengan COO perusahaan Sheryl Sandberg sebelum membuat keputusan. Sementara nama karyawan disunting dalam dokumen pengadilan, gelar mereka tidak.

Halaman berikutnya

Facebook mengatakan kesepakatan dengan Google tidak memberi mereka keuntungan apapun