6 Cara Ideal Edukasi Anak di Ruang Digital, Tips No.4 Wajib Anda Terapkan

ruang digital
Ilustrasi anak-anak sudah akrab dengan perangkat pintar

Selular.ID – Di era digital tentu orang tua dituntut memiliki strategi untuk mengajari anak mereka masuk ke ruang digital, yang dimana arus informasi terus memborbadir tiada henti.

Baik-buruk informasi yang disajikan perlu disiasati, agar anak memiliki batasan paparan di ruang digital, dan ini penting guna menjaga Kesehatan mental sang buah hati lho.

Berikut adalah 6 cara agar anak dapat memiliki batasan ideal terhadap ruang digital, simak berikut ulasanya ya:

  1. Jadwalkan waktu tanpa perangkat

Ketika anak-anak menghabiskan banyak waktu menggunakan teknologi, mereka dapat memiliki rasa kecanduan. Menurut peneliti dari American Academy of Child & Adolescent Psychiatry, kecanduan ini dapat menyebabkan masalah tidur, perubahan suasana hati, penambahan berat badan, citra diri yang buruk, dan masalah citra tubuh.

Para ahli menyarankan untuk memperkenalkan anak-anak ke dunia online dengan secara bertahap meningkatkan waktu layar mereka dan menghapus batasan.

Baca juga: Tips Aman Bertransaksi Digital

Beberapa tip juga berlaku untuk anak-anak dari segala usia: Yang paling sederhana dan paling efektif termasuk tidak menggunakan perangkat yang dekat dengan waktu tidur dan atau menghentikan akses smartphone di malam hari.

Anda juga harus menyepakati waktu lain ketika anak-anak tidak diperbolehkan menggunakan telepon mereka, seperti saat makan bersama keluarga.

2. Perhatikan keamanan informasi dan lainnya

Ketika anak-anak asyik dalam dunia maya, mereka rentan terhadap sejumlah bahaya, salah sat keamanan online termasuk ancaman internet seperti penipuan, pencurian data pribadi, virus, dan masih banyak lagi.

Beri tahu anak-anak Anda untuk tidak mengunjungi situs web yang mencurigakan, memasukkan kata sandi atau informasi pribadi apa pun, membuka tautan yang mencurigakan, atau mengunduh aplikasi dari mana pun kecuali dari toko aplikasi resmi.

Tekankan bahwa anak Anda tidak boleh membagikan dokumen pribadi, informasi kartu kredit, atau foto yang dapat menempatkan mereka atau teman mereka dalam keadaan yang membahayakan.

  1. Batasi notifikasi berlebihan

Saat perangkat kita terus-menerus mengirimkan notifikasi, kita dapat dengan mudah kewalahan dan kehilangan konsentrasi. Bahkan orang dewasa pun terkadang kesulitan melawan godaan untuk memeriksa pesan, jadi bisa dibayangkan betapa sulitnya hal tersebut bagi anak-anak.

Baca juga: Tips Manfatkan IG Reels Untuk UMKM

Maka idealnya batasi peringatan di ponsel anak-anak Anda sehingga mereka tidak teralihkan dari tugas sekolah atau tugas lainnya dan agar mereka dapat menyelesaikan pekerjaan rumah lebih cepat.

Sayangnya, Anda tidak dapat menghilangkan notifikasi dari semua aplikasi di semua perangkat sekaligus; Anda perlu mengonfigurasinya secara terpisah di ponsel dan laptop, dan setiap sistem operasi memiliki fitur khusus dan alat bawaan untuk melakukannya.

Halaman Selanjutnya

Mengikuti tata cara dalam dunia digital