5 Fitur Tokopedia yang Bisa Membuat Jualan Laris Manis  

Usaha online

Selular.ID – Usaha online memang menjadi salah satu bisnis yang musti ditekuni di 2022, pasalnya kegiatan ini bisa Anda lakukan sembari bekerja, karena mudah memantaunya melalui sebuah smartphone.

Atau sebagian dari Anda mungkin memang sedang fokus untuk usaha online? Jangan khawatir karena memang tidak sulit sebenarnya untuk usaha daring di era digital saat ini, karena teknologi disediakan oleh platfrom dagang online, dan yang dibutuhkan selebihnya ialah konsistensi dan niat kita untuk usaha aja.

Untuk fitur jualan online, berikut lima inovasi digital di aplikasi Tokopedia Seller yang bisa dimanfaatkan para pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, dalam mengembangkan bisnis di tahun 2022.

Tombol ‘balas’

              Fitur pertama  ada tombol balas guna memudahkan membalas pesan konsumen secara mudah. Head of Engineering Tokopedia, Rico Harisin menuturkan hanya dengan menekan tombol balas yang muncul di notifikasi, “tanpa membuka aplikasi Tokopedia, penjual bisa membalas pesan dari pembeli dengan cepat,” jelas Rico.

Baca juga: Usai RUU AAEC Disahkan, Ini Upaya Tokopedia Perkuat UMKM Lokal

Rico menambahkan bahwa kecepatan membalas pesan menjadi salah satu parameter untuk mengukur skor performa toko penjual.

“Semakin tinggi skor toko, penjual bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan, seperti bonus eksklusif, akses mencoba fitur baru hingga kesempatan spesial mengikuti beragam kampanye supaya jualan semakin laris manis,” tuturnya.

Tidak Perlu Tulis Deskripsi Ulang

Aplikasi Tokopedia akan secara otomatis menyimpan informasi terakhir saat penjual menambahkan produk, seperti deskripsi atau foto produk yang ingin dijual. “Jadi jika ada kendala koneksi, penjual tidak perlu repot memasukkan informasi ulang,” kata Rico.

Cetak label pengiriman dari genggaman tangan

Yang tidak kalah menarik melalui platform Tokopedia, penjual bisa menggunakan fitur print shipping label untuk mencetak label alamat pengiriman langsung melalui aplikasi, “ini dilakukan penjual tanpa harus membuka komputer,” tambah Rico.

Perluas wawasan pasar

              Dengan fitur ini di Tokopedia, penjual bisa mendapat berbagai informasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis.  “Fitur ini memungkinkan penjual melihat kata kunci yang paling sering digunakan pembeli, produk terlaris, rekomendasi kategori sampai inspirasi tren produk sehingga dapat menghadirkan inovasi yang relevan dan strategi promosi yang lebih efektif serta efisien,” jelasnya

Baca juga: AAEC Sah Jadi Undang-Undang, Indef: Awas Boomerang Bagi UMKM Lokal

Voucher toko

Nah, Voucher Toko adalah sebuah fitur gratis dari Tokopedia dimana penjual dapat membuat promonya sendiri. Dengan fitur ini, penjual bisa dengan bebas menentukan periode, anggaran dan jenis promo yang diinginkan supaya bisa menggaet lebih banyak pembeli,” jelas Rico.