Xiaomi Akan Gunakan Panel UTG Samsung Untuk Mi Mix Fold 2

Xiaomi Akan Gunakan Panel UTG Samsung Untuk Mi Mix Fold 2

Selular.ID – Perlu diketahui bahwa UTG adalah panel layar dengan kaca ultra-tipis, teknologi ini pertama kali yang dikembangkan oleh Samsung untuk smartphone layar lipat, dan akan diadopsi oleh Xiaomi Mix Fold 2.

Samsung Display adalah pemasok panel UTG ini yang memang akan di untuk para produsen smartphone lainnya, dan yang menjadi konsumen pertamanya adalah Xiaomi. Karena Xiaomi juga akan masuk ke persaingan smartphone lipat dengan seri Mix Fold 2.

Saat ini Xiaomi Mix Fold 2 ini masih dalam tahap pengembangan, namun sudah dikonfirmasi bahwa smartphone layar lipatnya akan gunakan panel OLED Samsung Display 8,01inch dengan UTG, yang berarti Xiaomi telah putus hubungan dari TCL.

Baca Juga:Menilik Kontrol Gerakan yang Dipatenkan Samsung Untuk Ponsel Layar Lipatnya

Mengutip dari laporan The Elec, sebelumnya Xiaomi gunakan panel layar lipat yang disediakan oleh TCL CSOT untuk Mi MIX Fold. Selain itu ada juga Huawei yang ssudah gunakan panel dengan jenis CPI atau Colorless Polymide sebagai penutup layar untuk model lipat, seperti pada Huawei Mate X yang dirilis 2019 dan Mate X2.

Namun CPI itu tidak terlalu optimal dibanding UTG yang di produksi sendiri oleh divisi dari Samsung Electronics dalam memproduksi khusus panel OLED, yang sudah terbukti bagus di smartphone lipat Samsung, sedangkan CPI memiliki masalah di daya tahan pada panelnya.

Tanda keseriusan Samsung dalam mengembagkan teknologi UTG ini, dibuktikan dari mereka menjalin kemitraaan dengan produsen asal Amerika bernama Corning, pada 2020 lalu.

Baca Juga: Perang Smartphone 5G: Kebangkitan Samsung dan Honor Menekan Pertumbuhan Xiaomi

Bagi yang belum tahu, UTG adalah kaca pertama di dunia yang dapat ditekuk dan dikomersialkan oleh Samsung Display bersama Dowoo Insys. Lembaran kaca tipis itu telah melewati beberapa proses yang menambah fleksibilitas sehingga mampu meningkatkan daya tahan.

Vivo juga dilaporkan menggunakan panel layar yang dipasok oleh Samsung Display. Huawei dikatakan sudah mempertimbangkan untuk mengamankan panel OLED yang dapat dilipat dari Samsung Display juga. Tetapi, rencana tersebut ditunda hingga paruh pertama tahun ini.