Sistem Operasi MIUI 13 Punya Sistem Keamanan Berlapis

MIUI 13 yang dipimpin oleh pendiri Xiaomi Lei Jun, memperkenalkan sistem keamanan yang ditingkatkan karena punya verifikasi 3 lapis.

Selular.ID – Kemarin dalam acara peresmian MIUI 13 yang dipimpin oleh pendiri Xiaomi Lei Jun, memperkenalkan sistem keamanan yang ditingkatkan karena punya verifikasi 3 lapis.

Nantinya Fitur tersebut yang dibuat bisa menjamin pengguna perangkat Xiaomi yang sudah menggunakan sistem terbaru dari MIUI 13, karena bukan hanya smartphone yang bisa update ke sistem operasi tersebut.

Ini juga akan memungkinkan beberapa perangkat Xiaomi dalam satu jaringan untuk bisa mengaplikasikan, termasuk smartphone, tablet, TV, perangkat pintar yang dapat dikenakan, perangkat rumah pintar, dan asisten suara XiaoAI.

Xiaomi mulai memperhatikan privasi sebagai hal penting bagi pengguna smartphone, karena Xiaomi menerapkan proses verifikasi tiga lapisan, walaupun fitur ini belum disebutkan akan bisa di akses oleh bagian negara mana saja.

Baca Juga: Xiaomi Watch S1 Akan Meluncur Bersama Dengan Xiaomi 12 Series

Selanjutnya tiga Lapisan dasar keamanan yang ada dari MIUI 13 ini terdiri dari  lapisan pertama pengenalan wajah, diikuti dengan pembacaan watermark dari ID pengguna, dan lapisan terakhir ke ada yang disebut  “electronic fraud protection”.

Hal ini bisa menepis isu yang di miliki Xiaomi terkait keamanan yang minim, karena pernah ditemukan oleh peneliti Lithuania bahwa smartphone Xiaomi bisa mengirimkan data enskripsi yang dimiliki pengguna ke server Singapura.

Cara kerja yang dimiliki oleh tiga lapisan tersebut yang diawali oleh Pengenalan wajah adalah pengenalan tubuh bagian atas. Pengguna mengatur wajahnya, tetapi nanti kamera AI akan merekam semuanya dari pinggang ke atas, sehingga orang lain dengan struktur tubuh yang berbeda tidak akan diizinkan masuk, bahkan jika mereka memiliki wajah yang mirip.

Baca Juga: Xiaomi Bekali 12 Pro Kamera Selfie 32 MP Beserta Fitur Kamera Canggih!

Selanjutnya lapisan “electronic fraud protection” bekerja dengan memiliki catatan situs web dan perangkat yang mungkin membawa malware. Ada juga, ada buku telepon penuh nomor yang akan disimpan dengan tujuan jahat, dan pengguna telepon akan diberitahu sebelum dia menerima panggilan.

Tidak hanya fitur keamanan tetapi memiliki ada beberapa warna yang juga berubah. Semua smartphone dengan OS MIUI 13 akan menerima opsi wallpaper baru yang memiliki interaksi yang baik, seperti wallpaper bunga akan mekar dari satu sisi layar saat dinyalakan. Ada juga banyak widget yang didesain ulang untuk menyelaraskan lebih baik dalam kotak.