Sudah Dijejali Banyak Pemain, Mengapa Pasar Smartphone Layar Lipat Tumbuh Kerdil?

Smartphone layar lipat Oppo

Selular.ID – Meski belum terlalu ketat, persaingan vendor di segmen layar lipat mulai terasa panas. Setelah Samsung, Huawei, Xiaomi, dan Motorola, Oppo juga telah menghadirkan perangkat serupa.

Seperti diketahui, vendor yang berbasis di Dongguan – Shenzhen itu, telah memulai debutnya dengan meluncurkan Find N pada Rabu (15/12).

Ini adalah upaya Oppo merangsek ke pasar kelas atas di mana para pesaing terkunci dalam kompetisi yang kejam untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Huawei.

Menurut Chief Product Officer Oppo Pete Lau, Find N adalah ponsel lipat pertama Oppo yang dibekali dengan sejumlah teknologi unggulan. Misalnya, di aspek layar dan engsel.

Find N dibekali layar 7,1 inci, menawarkan layar 60 persen lebih banyak daripada smartphone biasa dengan layar 6,5 inci standar. Ponsel ini juga dilengkapi layar 5,49 inci di bagian luar.

Layar 12-lapis Find N, yang dikembangkan bekerja sama dengan Samsung, dapat bertahan 200.000 kali lipat tanpa membuat lipatan. Smartphone ini melewati enam iterasi selama empat tahun pengembangan, kata Oppo.

“Sebagai perusahaan teknologi terkemuka, kami terus berupaya membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik melalui pengembangan teknologi dan produk inovatif.

Meskipun perjalanan menuju setiap terobosan teknologi penuh dengan tantangan, kami konsisten untuk melanjutkannya selangkah demi selangkah, untuk mencapai ‘Inspiration Ahead’ seperti yang tertuang dalam brand proposition Oppo,’ tutur Pete Lau di sela-sela acara OPPO InnoDay di Shenzhen, seperti dilansir dari media terkemuka Hong Kong, SCMP.

Find N dibuka untuk pre-order pada Rabu (15/12) dan mulai dijual di China pada Kamis (23/12) dengan harga mulai 7.699 yuan (US$1.200).

Menandai upaya terbaru Oppo untuk bersaing dengan di pasar dalam dan luar negeri, termasuk Xiaomi, Samsung dan Huawei, yang semuanya telah meluncurkan model smartphone lipat dalam beberapa tahun terakhir meskipun permintaan tetap kecil.

Menyusul keberhasilan Samsung saat memperkenalkan Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3, Xiaomi dikabarkan juga tengah mempercepat produksi smartphone lipatnya generasi selanjutnya. Sebelumnya, Xiaomi telah meluncurkan model lipat pertamanya, Mi Mix Fold pada Maret 2021.

Menurut beberapa pertunjuk dari beberapa sertifikasi, produk tersebut merujuk pada Mix Fold 2, yang dilaporkan bakal siap dipasarkan pada pertengahan 2022. Tentu para penggiat gadget berharap jika perangkat lipat generasi selanjutnya Mix Fold itu dapat beredar lebih luas, tidak seperti pendahulunya yang hanya di pasarkan di China.