Meluncur Awal 2022, Harga iPhone SE 5G Setara Smartphone Kelas Menengah

iPhone SE+ 5G dan iPad Air baru terdaftar di EEC
iPhone SE+ 5G dan iPad Air baru terdaftar di EEC

Jakarta, Selular.IDApple tengah bersiap meluncurkan perangkat andalannya, iPhone SE 5G. Dengan harga yang lebih terjangkau, varian terbaru itu, memiliki potensi untuk menarik lebih dari satu miliar pengguna Android non-premium, kata analis J.P. Morgan pada Senin (13/12).

Raksasa teknologi itu diperkirakan akan meluncurkan iPhone SE dengan kemampuan 5G pada awal 2022 menurut laporan media dan broker. Para analis menambahkan model tersebut akan memungkinkan Apple menargetkan pasar smartphone kelas menengah yang saat ini didominasi oleh pesaing seperti Samsung dan Huawei.

Menurut J.P. Morgan, smartphone yang akan datang memiliki potensi untuk memikat hampir 1,4 miliar ponsel Android kelas bawah hingga menengah dan sekitar 300 juta pengguna model iPhone lawas.

“Program trade-in Apple untuk non-iPhones diakui tidak semenarik nilai trade-in iPhone, namun hal itu dapat menyebabkan kisaran harga awal rata-rata $269 hingga $399 untuk iPhone SE 5G, yang masih sangat kompetitif,” Analis Samik Chatterjee, memberi peringkat lima bintang di Refinitiv Eikon untuk akurasi perkiraannya.

Sebagai perangkat termurah, iPhone SE saat ini dibandrol mulai dari $399, dibandingkan dengan $799 untuk iPhone 13 dan $999 untuk iPhone 13 Pro.

Sejak meluncurkan jajaran iPhone 13 dan iPad baru pada September lalu, Apple telah berjuang untuk mengimbangi kekurangan beragam, termasuk komponen chip di pasar global yang bisa berdampak pada gangguan rantai pasokan.

iPhone SE3 5G Dapat Mendongkrak Pangsa Pasar Apple

Di sisi lain, lembaga riset pasar TrendForce melaporkan bahwa Apple diperkirakan memiliki permintaan yang kuat selama kuartal liburan. Selain berbagi beberapa angka pangsa pasar, laporan tersebut juga menguatkan bahwa Apple “tetap dengan rencana” untuk mengumumkan iPhone SE 3 pada awal 2022.

Menurut TrendForce, hasil yang kuat telah mendorong Apple naik ke posisi kedua dalam peringkat penjualan smartphone global. Firma riset itu memperkirakan bahwa Apple akan mendapatkan lebih banyak pangsa pasar dengan iPhone SE generasi berikutnya.

TrendForce menambahkan bahwa iPhone SE 3 akan diumumkan oleh Apple pada kuartal pertama 2022. Vendor yang berbasis di Cupertino – California itu,  mungkin akan mengadakan acara khusus pada Maret.

Meskipun TrendForce belum membagikan detail tentang iPhone SE baru, perangkat tersebut kemungkinan akan mendukung jaringan 5G.

Sejauh ini Apple tetap pada rencana, yaitu merilis iPhone SE generasi ketiga di kuartal pertama 2022 dan empat model di bawah seri baru pada semester kedua 2022. iPhone SE generasi ketiga diharapkan menjadi instrumen utama dalam membantu Apple membangun kehadiran di pasar smartphone 5G kelas menengah yang selama ini dikuasai oleh brand-brand China. Volume produksi iPhone SE 5G sepanjang 2022 diperkirakan mencapai 25-30 juta unit.

Menariknya, TrendForce juga mengatakan bahwa line up iPhone pada tahun depan akan tersedia dalam empat ukuran berbeda.

Rumor sebelumnya menunjukkan bahwa iPhone SE generasi ketiga memang akan mendukung 5G, serta memiliki chip A15 Bionic yang sama dengan model iPhone 13. Namun, desainnya akan sama dengan tombol Home dan Touch ID. Sebuah “iPhone SE Plus” juga dilaporkan dalam pengerjaan, namun masih tidak jelas apakah itu akan datang pada 2022.

Dalam catatan terpisah, J.P.Morgan menyebutkan bahwa permintaan konsumen untuk model 5G diperkirakan akan tetap kuat dan juga menjadi prioritas pasokan, bahkan ketika permintaan itu berkurang untuk sebagian besar produk perangkat lain termasuk smartphone, TV, dan PC.