Mediatek Siapkan Chipset 5G untuk Selular di 2022

Mediatek

Jakarta, Seluar.ID – Bos Mediatek Cai Lixing baru-baru ini mengungkapkan bahwa pihaknya akan meluncurkan chipset seluler 5G mmWave (gelombang milimeter) pertama tahun depan.

Ini akan dipasangkan dengan solusi Wi-Fi 7, yang juga akan diluncurkan awal tahun depan. Langkah ini diharapkan akan memungkinkan perusahaan untuk mencapai pertumbuhan pendapatan 10-20%, yang meskipun lebih rendah dari pertumbuhan 2021.

Lebih jauh Lixing menyebut bahwa Mediatek kini telah menerima dukungan kapasitas produksi yang besar pada tahun 2022 dari pabrikan chipset, pengemasan back-end, dan mitra substrat, dan pengiriman yang diharapkan dapat bergerak baik di tahun depan.

“Era pasca-epidemi telah menambahkan banyak variabel pada perkembangan ekonomi global, dan Mediatek juga akan menghadapi banyak tantangan teknis, termasuk arsitektur desain yang semakin kompleks dan manufaktur chip 3nm dan 2nm yang lebih maju,” katanya.

Secara kinerja keuangan Mediatek juga terhitung cukup baik pendapatan untuk Kuarta tiga 2021 mencapai NT$131,074 juta, naik 4,3% dari kuartal sebelumnya, naik 34,7% dari tahun ke tahun.

Penjualan chip ponsel itu naik lebih dari 110% tahun ke tahun dengan tingkat kontribusi pendapatan sebesar 57%. Penjualan produk non-seluler termasuk IC manajemen daya dan chip jaringan juga meningkat lebih dari 30%.

Selain itu, Cai Lixing mengungkapkan bahwa Mediatek telah menjadi salah satu perusahaan terkemuka di bidang chip komunikasi nirkabel dan cukup berhasil di bidang Wi-Fi 6/6E.

Dan Mediatek juga telah membuat langkah maju dalam mengembangkan chip untuk perangkat selain ponsel cerdas. Baru-baru ini pabrikan teknologi tersebut mengumumkan seri prosesor Kompanio untuk Chromebook dan chip Pentonic 2000 untuk TV 8K 120Hz kelas atas.