Laporan: Smartfren Unggul di Ketersediaan 4G, Tapi Pengalaman Cakupan 4G Telkomsel Juaranya

Laporan: Smartfren Unggul di Ketersediaan 4G, Tapi Pengalaman Cakupan 4G Telkomsel Juaranya

Jakarta, Selular.ID – Ada catatan menarik dari laporan Opensignal bertajuk ‘Pengalaman Jaringan Seluler Desember 2021’ yang dimana mendapuk Smartfren sebagai operator terbaik dari sisi Ketersediaan 4G.

Skornya sendiri, Smartfren mengantongi poin sebesar 98,1, diikuti oleh 3 Indonesia dengan cakupan 4G yang tercatat dalam laporan ini juga cukup tinggi, yaitu 94,3.  lalu diposisi ketiga ada Indosat dengan poin 93,2, XL Axiata 91.7 dan Telkomsel berada di akhir dengan poin 90.3.

Menjadi menarik pasalnya rata-rata pengguna selular di Indonesia masih mengandalkan jaringan 4G, meskipun 5G sudah menyapa secara terbatas di Tanah Air. Dan berdasarkan analisa Opensignal, Smartfren bisa unggul dalam hal Ketersediaan 4G memang karena, operator tersebut hanya menawarkan 4G.

Diluar laporan Opensignal, dalam laporan Speedtest, situs penguji kecepatan internet dari Ookla, juga menempakan Smartfren sebagai operator yang memiliki ketersediaan 4G tertinggi ketimbang operator lain, dengan meraih poin 94,5.

Namun, pertumbuhan ketersediaan layanan 4G disetiap operator bertumbuh.  Dalam laporan Opensignal, tercatat adanya peningkatan dalam Ketersediaan 4G di sebagian besar jaringan.

Dibandingkan dengan laporan sebelumnya, peningkatan terbesar dirasakan oleh pengguna Indosat (1,2 poin persentase), diikuti Telkomsel (1 poin persentase), sementara rekan mereka di 3 dan XL mengamati ketersediaan 4G naik 0,4 poin. Skor Smartfren secara statistik tidak berubah sejak terakhir kali.

Yang tak kalah menarik juga, meski Samrtfren unggul dalam ketersediaan 4G, tapi dari sisi pengalaman cakupan 4G Telkomsel malah lebih unggul.

Operator plat merah itu kembali menempati posisi pertama dengan skor 8,6 poin, sedangkan Smartfren sendiri tertinggal cukup jauh dengan poin 5.0, menang tipis dari kursi terakhir yaitu 3 Indonesia yang mengantongi poin 4.6.