IDC Proyeksikan Pengiriman Smartphone Global Tumbuh 5,3% di 2021

IDC Proyeksikan Pengiriman Smartphone Global Tumbuh 5,3% di 2021

Jakarta, Selular.ID – Meski dilanda kendala rantai pasokan dan kekurangan chip global, namun berdasarkan prospek terbaru dari laporan triwulanan International Data Corporation (IDC), dipaparkan bahwa pengiriman smartphone global diproyeksikan mengalami pertumbuhan 5,3% secara keseluruhan pada tahun 2021.

IDC Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker menunjukkan bahwa pengiriman akan naik menjadi 1,35 miliar unit, yang merupakan peningkatan 5,3% dari tahun lalu.

Laporan IDC juga menunjukkan kuartal ketiga yang lebih rendah dari perkiraan yang telah melihat kekurangan komponen global menggigit lebih keras dan melukai proyeksi produsen.

Tantangan tersebut diperkirakan tak akan membaik secara drastis hingga pertengahan tahun 2022, sehingga menurunkan prakiraan tahun 2022 menjadi 3,0% dari proyeksi sebelumnya sebesar 3,4%. Prospek 2021 juga diturunkan menjadi 5,3% dari 7,4% awal, menurut IDC.

Dikatakan pula oleh IDC bahwa secara keseluruhan, tantangan kekurangan logistik dan komponen perlahan akan menurun, dengan tingkat pertumbuhan tahunan 3,5% lima tahun diharapkan.

Hal ini akan didorong oleh permintaan yang terpendam, transisi yang berkelanjutan dari ponsel menengah ke ponsel pintar, serta penurunan harga jual rata-rata untuk ponsel.

IDC juga memaparkan bahwa masalah kekurangan komponen sangat mempengaruhi model 4G dan ini akan berdampak serius pada vendor dengan campuran model 4G yang lebih tinggi daripada 5G. Menurut pandangan IDC, hal tersebut merupakan alasan utama penurunan peringkat prospek Q3 untuk tahun 2021.

Kuartal keempat akan melihat penurunan satu digit meskipun ini bisa lebih terasa di kawasan Asia-Pasifik, tidak termasuk Jepang dan China.

Namun lantaran angka setengah tahun yang mengesankan di seluruh wilayah, hanya China yang akan melihat hasil tahun-ke-tahun yang datar, sementara wilayah lainnya akan mencatat pertumbuhan positif.

Harga rata-rata perangkat oleh sistem operasi akan melihat Android puncak pada $265, sementara iOS akan selesai pada $950. Angka tersebut juga menunjukkan bahwa Apple menyumbang sekitar 43% dari semua pendapatan smartphone dan pangsa pasar 17,1%.

Tonton juga video di bawah ini: