Intip Deretan Brand Smartphone yang Siap Mengadopsi Pengisian Cepat 150W

Deretan Smartphone yang Siap Mengadopsi Pengisian Cepat 15W

Jakarta, Selular.ID – Dalam beberapa tahun terakhir, ada peningkatan signifikan dalam kapasitas pengisian daya, yang sebagian besarnya dari produsen Android. Dalam hal ini, disebut bahwa Oppo dan Xiaomi berada di puncak perkembangan fast charging itu.

Teknologi pengisian daya flash VOOC Oppo selalu memiliki kecepatan pengisian daya sangat baik dengan stabilitas yang kuat. Oppo baru-baru ini pun membuat terobosan lain di bidang pengisian cepat.

Kemarin, (5/12/21), pembocor Digital Chat Station mengklaim bahwa pengisian cepat 150W Oppo sedang dalam perjalanan dan bakal segera rilis dalam waktu dekat ini. Menurut laporan, smartphone Oppo, OnePlus, dan Realme akan menggunakan kapasitas pengisian cepat 150W.

Oppo sudah melakukan uji coba produksi kabel data dan charger sistem 10A. Ini berarti bahwa teknologi pengisian cepat 150W Oppo telah matang secara bertahap. Namun, meski 150W Oppo tengah dipersiapkan, itu bukan berarti akan segera tersedia. Lebih lanjut menurut pengungkapan DCS, gelombang ponsel baru Oppo dan OnePlus berikutnya akan terus menggunakan pengisian cepat 65W dan 80W.

Saat ini, kecepatan pengisian cepat ponsel telah melampaui batas 100W, yakni 120W. Tetapi tidak semua produsen menggunakan teknologi pengisian cepat ini. Oppo sekarang sedang dalam perjalanan untuk membuat rekor pengisian cepat baru di industri smartphone. Namun, ada laporan bahwa Xiaomi sudah mengerjakan kapasitas pengisian cepat 200W.

Mengambil iQOO 5 Pro sebagai contoh, untuk mencapai pengisian cepat berdaya sangat tinggi, iQOO menggunakan skema setengah tegangan pompa pengisian daya. Hal tersebut dapat membuat tegangan yang masuk ke baterai setengah dari tegangan pengisi daya, dan mengubah tegangan tinggi serta arus rendah daya AC menjadi tegangan rendah dan tegangan tinggi yang dibutuhkan oleh baterai. Konfigurasi ini secara signifikan meningkatkan kecepatan pengisian secara keseluruhan.

Selain itu, iQOO telah mencapai daya pengisian 120W (20V/6A) melalui peningkatan solusi IC pompa pengisian daya. Hal ini membuat teknologi mencapai tegangan puncak arus dan arus yang ditentukan oleh port Tipe-C. Selain itu, ia memiliki efisiensi konversi energi sebesar 97%.

Lalu, dalam solusi baterai, iQOO secara kreatif mengadopsi metode “koneksi seri sel ganda”, ditambah dua IC pengisian pompa pengisian daya. Kedua IC dibebankan pada tingkat 6C, yang sangat meningkatkan tingkat pengisian.

Singkatnya, dengan peningkatan solusi IC pompa pengisian daya dan solusi baterai, teknologi pengisian cepat 150W akan sekali lagi menyegarkan rekor kecepatan pengisian daya. Masih belum pasti siapa yang akan meluncurkan fast charging 150W terlebih dahulu, kita tunggu saja.

Tonton juga video di bawah ini: