Bersama OneWeb, DTP Bangun Portal Jaringan Satelit Leo di Serang

DTP One Web

Jakarta, Selular.ID – PT Dwi Tunggal Putra (DTP), perusahaan telekomunikasi yang dikenal sebagai Network Access Point (NAP) generasi pertama di Indonesia pada tahun 2001, secara resmi membangun portal jaringan untuk satelit Low Earth Orbit (LEO) milik OneWeb.

Portal jaringan satelit itu dibangun diwilayah Serang, Banten dengan menggunakan luas lahan 10 ribu hektar. Dalam keteranganya kepada tim Selular, pembangunan ini membutuhkan waktu enam bulan untuk siap dioperasikan.

Baca juga: Ditargetkan Beroperasi November 2023, Ini Persiapan Ruang Kendali Satelit Satria

“Fasilitas ini akan menjadi yang pertama dari tiga portal jaringan satelit yang mencakup wilayah Asia Tenggara, dengan lebih banyak lokasi yang akan dibangun di wilayah Asia Pasifik,” kata Chief Commercial Officer DTP Edi Sugianto, pada acara groundbreaking fasilitas barunya itu di Serang, Selasa (21/12).

Posisi gelaran portal jaringan satelit ini DTP merupakan penyedia infrastruktur, data center, network internet, dan distribusinya. Sementara OneWeb penyedia satelitnya dengan memiliki 648 konstelasi satelit orbit LEO.

“Dan pada portal jaringan satelit yang dibangun DTP ini akan terdiri dari 18 antena yang dikendalikan secara otomatis. Stasiun bumi ini akan menyediakan area jangkauan mulai dari Thailand sisi utara, Indonesia dari timur ke barat dan Australia bagian utara di arah Selatan,” sambung Edi.

Satelit OneWeb sendiri bakal menyediakan layanan komunikasi yang terjangkau, cepat, bandwidth tinggi, latensi rendah yang terhubung ke masa depan IoT, dan jalur ke 5G untuk semua orang, di mana saja.

Baca juga: Satelit Satria-1 Peroleh Pinjaman Rp2,1 Triliun Melalui AIIB

Disela kesempatan tersebut, Direktur PT DTP Michael Alifen pun menegaskan hingga saat ini DTP terus memperluas layanannya dengan menyediakan solusi telekomunikasi terintegrasi yang berfokus pada penyedia layanan Internet, Pusat Data, dan Telekomunikasi Satellite dengan wilayah jangkauan di seluruh Indonesia.

Dan untuk portal jaringan satelit OneWeb, untuk sementara ini bakal menyasar ke segmen bisnis dan pemerintahan.

“Ini akan memungkinkan DTP untuk menghubungkan pemerintah, bisnis, dan komunitas dengan layanan seperti serat optik hingga ke bagian terpencil kepulauan Indonesia. Dan sejauh ini sudah ada 8 konsumen yang akan mengelar kerjasama dengan DTP,” tandasnya.