spot_img
BerandaNewsSecurityWaspada Pencurian Data Berkedok Squid Game

Waspada Pencurian Data Berkedok Squid Game

-

Jakarta, Selular.ID – Serial TV drama survival Korea Selatan Squid Game menjadi daya tarik baru, selama sebulan setelah perilisannya, Squid Game,menjadi serial terbesar Netflix, dengan lebih dari 111 juta penonton.

Seiring dengan kesuksesaan Squid Game, pelaku kejahatan siber pun tidak segan-segan memanfaatkan momentum tersebut dengan menciptakan skema penipuan di platform online pengguna.

Kaspersky mengatakan dari September hingga Oktober ada beberapa lusin file berbahaya yang berbeda di dunia maya. Umumnya file berbahaya tersebut disamarkan dengan menggunakan Game Squid alias palsu.

Dalam sejumlah kasus yang dianalisis, Kaspersky menemukan bahwa file tersebut berisi pengunduh Trojan yang dapat menginstal program jahat untuk pemilik komputer pribadi, laptop, dan ponsel cerdas. Selain itu, file-file tersebut juga ditemukan Trojan dan adware lainnya.

Kaspersky mengungkapkan bahwa modus penjahat siber yang menggunakan nama Squid Game dimulai dengan menampilkan versi animasi dari Squid Game.
Pada saat yang sama Trojan diluncurkan tanpa terlihat. File tersebut kemudian dapat mencuri data dari berbagai browser pengguna dan mengirimkannya kembali ke server penyerang.

Penjahat siber juga memanfaatkan Squid Game untuk perayaan Halloween, Kaspersky menemukan banyak toko palsu yang menjual kostum serial tersebut. Mereka mengaku sebagai toko resmi pernak-pernik Squid Game.

Jika berbelanja di sana, korban berisiko kehilangan uang dan data pribadi seperti alamat email, alamat tempat tinggal dan rincian kartu perbankan. Selain malware dan toko palsu, Kaspersky juga menemukan laman bermain Squid Game versi online dengan janji hadia 100 Binance coin.

Memainkan game tersebut, alih-alih mendapat hadiah, korban secara tidak sadar akan mengunduh malware dan kehilangan data mereka. Agar tidak terjebak Squid Game palsu ini, pengguna internet disarankan hanya mengakses serial tersebut dari situs resmi dan selalu cek berkas yang diunduh tidak memiliki ekstensi .exe atau .msi.

Baca Juga:Netflix Untung Rp12,5 Triliun Berkat Squid Game

Kaspersky memberikan sejumlah kiat agar pengguna internet dan penggemar Squid Game dapat terhindar dari program berbahaya dan penipuan online:

•Periksa keaslian situs web sebelum memasukkan data pribadi dan hanya gunakan laman web resmi untuk menonton atau mengunduh film. Periksa ulang format URL dan ejaan nama perusahaan.
• Perhatikan ekstensi file yang Anda unduh, file video tidak pernah memiliki ekstensi .exe atau .msi.
• Gunakan solusi keamanan yang andal.
• Hindari tautan yang menjanjikan penayangan awal konten, dan jika ragu tentang keaslian konten, hubungi penyedia hiburan.

 

 

 

Artikel Terbaru