spot_img
BerandaNewsEnterprisePermudah Layanan Digital Perusahaan di Indonesia, Virtus Resmi Bermitra dengan Yugabyte

Permudah Layanan Digital Perusahaan di Indonesia, Virtus Resmi Bermitra dengan Yugabyte

-

Jakarta, Selular.ID – Virtus pada hari ini, Rabu (3/11/2021), secara resmi mengumumkan kemitraannya dengan Yugabyte, yang merupakan perusahaan penyedia solusi distributed SQL database berbasis open source serta cloud-native.

Kerjasama ini membuka kesempatan bagi perusahaan dan organisasi di Indonesia untuk menghadirkan layanan digital dengan kinerja (performance) dan skalabilitas (scalability) yang lebih baik serta mudah dioperasikan (operational ease).

Melalui peluncuran kerjasama yang diselenggarakan secara online, Virtus dan Yugabyte mengangkat topik “Powering the Digital Future with Cloud Native Data Services”, yang membahas pentingnya bisnis mempercepat adopsi distributed SQL database berbasis open source yang meliputi produk dan layanan, yang saat ini mulai menjadi pilihan utama organisasi dan perusahaan di Indonesia.

Perusahaan terutama dari industri e-commerce, layanan jasa keuangan, dan telekomunikasi pada umumnya memiliki kantor dan pelanggan yang tersebar diberbagai daerah, sehingga kebutuhan akan solusi untuk menangani basis data yang terdistribusi atau terpisah-pisah dengan kinerja, ketersediaan, dan skalabilitas terbaik menjadi sangat kritikal.

Sekedar informasi, Tokopedia merupakan salah satu platform digital yang menggunakan distributed SQL database open source dari Yugabyte.

Suhendra Ahmad, Technical Architect Tokopedia, yang juga hadir pada acara peluncuran virtual hari ini, mengungkap bahwa consumer growth terutama ketika masa pandemi, memaksa e-commerce untuk tumbuh secara eksponensial dalam waktu yang sangat cepat.

“Guna memenuhi kebutuhan, diperlukan adanya alternative distributed SQL untuk menggantikan database konvensional yang bisa di scale up dengan mudah dan reliable. YugabyteDB adalah salah satu solusi yang kami lihat sebagai teknologi yang memenuhi kebutuhan yang kami perlukan,” ujar Suhendra.

Sementara itu, Dennis Sze, Head of Sales, Yugabyte, juga memaparkan bahwa sejumlah tren seperti pertumbuhan data yang eksponensial, percepatan transformasi digital, dan transisi menuju cloud saat ini memaksa perusahaan dan organisasi termasuk di Indonesia untuk memikirkan kembali cara mereka mengelola data dan ini menciptakan peluang bagi Yugabyte.

Dirinya juga mengungkap bahwa Yugabyte mengaku senang bekerjasama dengan Virtus untuk bersama-sama membantu perusahaan di Indonesia dalam mempercepat inisiatif transformasi digital mereka.

“Kerjasama ini menjadi bagian dari strategi global kami untuk menjawab kebutuhan terhadap solusi Distributed SQL database berbasis open source di seluruh dunia yang terus meningkat untuk mengatasi kesenjangan kinerja, skalabilitas, kemudahan pengelolaan data yang masih menjadi tantangan perusahaan dan organisasi di Indonesia,” pungkas Dennis Sze.

Sebagai mitra value added distributor, Virtus akan melengkapi keunggulan solusi dari Yugabyte dengan penyediaan layanan mulai dari perencanaan, implementasi solusi hingga after sales seperti customer support 24/7 yang didukung oleh sumber daya manusia-engineer berpengalaman.

Terkait Kerjasama ini, Erwin Kuncoro selaku Presiden Direktur Virtus, ikut bersuara tentang salah satu alasan dibalik adanya Kerjasama ini. Dirinya mengatakan bahwa lingkungan bisnis saat ini menuntut fleksibilitas dan elastisitas dari solusi database, dan solusi distributed SQL saat ini menjadi sangat penting.

Erwin juga menambahkan bahwa solusi distributed SQL Yugabyte yang berbasis open source menawarkan sesuatu yang sangat fundamental dan kaya fitur seperti PostgreSQL yang benar-benar cloud native, handal, elastis, dan terdistribusi.

Bersama dengan Virtus yang telah memilki pengalaman panjang dalam penyediaan solusi berbasis open source, pengetahuan yang mendalam akan pasar Indonesia, kami siap membantu perusahaan dan organisasi di Indonesia dalam mempercepat inisiatif transformasi digital mereka,” tutup Erwin.

Tonton juga video di bawah ini:

Artikel Terbaru