Australia
Pendapatan seluler di Optus tumbuh 9,8 persen menjadi AUD1,75 miliar ($1,27 miliar), sementara penjualan peralatan turun 4,4 persen menjadi AUD619 juta.
Basis pelanggannya stabil, karena langganan prabayar turun 1,8 persen menjadi 3 juta dan pascabayar naik 1,3 persen menjadi 5,8 juta. ARPU campuran meningkat 12,6 persen, dengan keuntungan dua digit di prabayar dan pascabayar. Konsumsi data bulanan naik 20 persen menjadi 12GB.
Pendapatan perusahaan grup stabil di SGD1,86 miliar. Singtel mempertahankan panduan belanja modal setahun penuh sebesar SGD2,4 miliar yang ditetapkan pada bulan Mei, dengan AUD1,5 miliar dialokasikan untuk Optus dan SGD800 juta untuk grup lainnya.
Membaiknya kinerja Singtel pada 2021 menjadi titik balik, setelah tahun-tahun yang kurang menggembirakan. Pada 2019, laba bersih tahunan raksasa telekomunikasi Singapura itu, tercatat anjlok 65% yang merupakan level terendah dalam lebih dari dua dekade. Perusahaan tidak memberikan perkiraan untuk tahun berjalan, mengingat ketidakpastian akibat pandemi COVID-19.
Perolehan laba sebesar itu adalah yang terlemah sejak setidaknya tahun 1998. Tercatat, laba bersih yang mendasari, yang tidak termasuk barang luar biasa, turun 13% menjadi S$ 2,46 miliar.
Tergerusnya laba Singtel tak lepas dari melonjaknya berbagai biaya yang harus dikeluarkan, terutama dana sebesar S$1,80 miliar yang harus dibayarkan kepada otoritas telekomunikasi India, terkait dengan pelunasan pembayaran biaya spektrum dan lisensi untuk anak perusahaan, Bharti Airtel.
Menurunnya kinerja raksasa telekomunikasi Asia Tenggara itu, memaksa perusahaan mengganti nahkoda. Diketahui Singtel menunjuk Yuen Kuan Moon, Kepala Unit Konsumen dan Kepala Bagian Digital Grup, sebagai pengganti CEO Chua Sock Koong yang telah lama menjabat. Chua menyatakan pensiun pada 1 Januari 2021.
Yuen Kuan Moon bergabung dengan grup pada 1993 dan ditunjuk sebagai Kepala Unit Konsumen sejak 2012. Dia memimpin bisnis konsumen Singapura untuk menghadirkan rangkaian layanan selular, broadband, dan TV yang terintegrasi.
Secara bersamaan, Moon bertanggung jawab untuk mendorong transformasi digital Grup sebagai Group Chief Digital Officer, peran yang diciptakan untuk membuka peluang pertumbuhan digital di era disrupsi.
Sejak bergabung dengan Singtel pada Februari 1993, Moon telah memegang beberapa peran kepemimpinan dalam Pemasaran, Pengembangan Bisnis, dan Penjualan, termasuk VP Operasi Regional dan EVP Konsumen Digital.
Pada 2003, Moon ditempatkan di Telkomsel sebagai General Manager for Product Development dan diangkat menjadi Director of Commerce dari tahun 2005 hingga 2007.