spot_img
BerandaDevicesQualcomm Siapkan Chipset PC Yang Hemat Baterai Pada 2023

Qualcomm Siapkan Chipset PC Yang Hemat Baterai Pada 2023

-

Jakarta, Selular.ID – Setelah sukses di sektor smartphone Qualcomm mulai serius meningkatkan prosesor yang bisa bekerja untuk perangkat komputer. Dan siap untuk menyaingi produk dari Apple chipset seri-M prosesor.

Perusahaan telah mengumumkan rencana untuk SoC (System-on-Chip) berbasis Arm pada generasi berikutnya, yang dirancang untuk menyeseuaikan pada tolak ukur kinerja untuk PC Windows.

Melalui Dr. James Thompson, chief technology officer Qualcomm, sedang  merencanakan produksi chip baru, melalui persentasinya di acara hari investor 2021, dengan tujuan untuk mendapatkan sampel ke pengguna perangkat keras dalam waktu sekitar sembilan bulan sebelum peluncuran produk dengan chip baru pada tahun 2023.

Saat mengenalkan chipset yang akan digunakan untuk perangkat komputer, Qualcomm juga menjanjikan, akan   memimpin untuk bagian berkelanjutan dalam kinerja dan masa pakai baterai. Komponen ini jug akan masuk ke dalam data center, smartphone, laptop, kendaraan, dan perangkat lainnya.

Chip baru ini akan dirancang oleh tim Nuvia, yang telah dibeli Qualcomm awal tahun ini dalam akuisisi besar-besaran senilai 1,4 miliar Dolar. Nuvia, khususnya, didirikan pada 2019 oleh tiga insinyur mantan karyawan Apple yang sebelumnya bekerja pada chip seri-A.

Karena saat Ketiga pendiri perusahaan yaitu Gerard Williams, Manu Gulati, dan John Bruno pertama kali bergabung dengan Qualcomm, yang diharapkan dapat mengintegrasikan chip perusahaan di seluruh produk Teknologi yang luas .

Akuisisi ini sudah membuat heboh di pasar chip yang diprediksi akan mengguncang industri semikonduktor secara substansial. Para pendiri nuvia ini semuanya pernah menjadi perancang chipset di Apple pada lini chip seri-A yang digunakan untuk iPhone dan iPad.

Mulai tahun 2019, Qualcomm sudah mengumpulkan teknologi dan bakat dan membidik industri pusat data untuk mencegah perubahan signifikan di pasar chip. Banyak perusahaan yang dulunya mengandalkan pembuat chip ternama seperti AMD dan Intel, maka peran chipset Qualcomm untuk mengurangi ketergantungan mereka pada perusahaan pihak ketiga dan untuk mengintegrasikan perangkat keras dan juga membuat perangkat kerasnya lebih bair dari yang lain.

Qualcomm telah mencoba masuk pada pasar chip PC sebelumnya, dengan produk seperti jajaran prosesor Snapdragon 8cx dan kemitraannya dengan Microsoft pada chip SQ1 dan SQ2 Surface X.

Artikel Terbaru