spot_img
BerandaSmartphonePengguna Mengeluh Sensor Fingerprint Google 6 Pixel Tertinggal

Pengguna Mengeluh Sensor Fingerprint Google 6 Pixel Tertinggal

-

Jakarta, Selular.ID – Google telah merilis Pixel 6 dan Pixel 6 Pro bulan lalu. Baru satu bulan dirilis sejumlah pengguna Google Pixel 6 Series menyebut masih adanya kendala yang terjadi.

Menurut pemilik Pixel 6 seperti disebutkan Engadget, sensor fingerprint atau sidik jari smartphone tersebut yang lambat dan rewel.

Pemindai sidik jari di seri tersebut dianggap tertinggal jika dibandingkan para pesaingnya. Bahkan, ada yang menilai kalau sensor fingerprint pada perangkat Google Pixel 2 XL lebih baik dan lebih responsif, jika dibandingkan dengan kemampuan dari Google Pixel 6.

Beberapa pengguna telah menyarankan kinerja yang lamban mungkin karena Google menggunakan pembaca sidik jari optik di bawah layar, bukan sensor ultrasonik yang ditemukan di ponsel seperti Galaxy S21.

Namun, pengguna Reddit mencatat ada ponsel dengan sensor optik yang berkinerja lebih cepat, seperti OnePlus 9. ataupun 6.

Tidak pasti apakah Google dapat atau akan mengatasi ini melalui pembaruan perangkat lunak. Apakah itu bisa atau tidak, itu tidak mungkin memberikan alternatif selain memasukkan kode sandi.

Buka kunci wajah biasanya tidak aman tanpa kehadiran sensor kedalaman, karena sistem pengenalan wajah terkadang dapat dikelabui oleh topeng dan foto. Sedikit revisi, mungkin Anda hanya perlu bersabar saat menggunakan flagship Pixel terbaru.

Mengenai hal itu, pengguna meminta agar Google segera melakukan perbaikan software untuk menghilangkan masalah tersebut.

Dalam kolom komentar, Google meminta maaf atas kejadian yang terjadi pada sensor fingerprint Google Pixel 6.

“Maaf atas kerumitannya. Sensor sidik jari Pixel 6 menggunakan algoritma keamanan yang ditingkatkan,” ungkapnya.

Dalam beberapa kasus, perlindungan tambahan ini memerlukan waktu lebih lama untuk memverifikasi atau memerlukan lebih banyak kontak langsung dengan sensor,” jelas Google.

Artinya, Google menginformasikan bahwa sensor fingerprint di Google Pixel 6 memiliki sejumlah tahapan identifikasi untuk meningkatkan perlindungan.

Baca Juga:Iklan Google Pixel 6 dan 6 Pro meluncur, Pamer Berbagai Fitur Andal

Dan Google pun menyematkan sebuah link yang bisa diakses untuk memberikan beberapa petunjuk bagaimana cara mempercepat proses pemindaian sidik jari dari layar.
Dari sejumlah poin, tercatat kalau Google menyarankan pengguna memakai pelindung layar yang bersertifikasi Made for Google.

Selain itu, Google juga meminta agar pengguna memastikan bahwa jari yang digunakan saat membuka layar adalah jari yang sama yang didaftarkan di awal penggunaan sensor fingerprint.

“Pastikan Anda menekan dan menahan jari dengan kuat pada sensor hingga ponsel terbuka,” tulis Google.

 

 

Artikel Terbaru