spot_img
BerandaNewsEnterpriseGeber Transformasi Digital, BTPN Syariah dan Pegadaian Diganjar Penghargaan Red Hat

Geber Transformasi Digital, BTPN Syariah dan Pegadaian Diganjar Penghargaan Red Hat

-

Jakarta, Selular.ID – BTPN Syariah dan PT Pegadaian (Persero) menjadi pemenang Red Hat APAC Innovation Awards 2021 untuk pasar Indonesia. Kedua perusahaan meraih penghargaan berkat perjalanan transformasi digital dan penciptaan berbagai inovasi menggunakan solusi dari Red Hat.

“Open source terus menjadi motor penggerak inovasi bagi banyak perusahaan di Asia Pasifik dengan membantu mereka memodernisasi infrastruktur, mengembangkan aplikasi dan bertransformasi secara digital. Menurut laporan State of Enterprise Open Source yang terbaru dari Red Hat, sebanyak 92% pemimpin IT di Asia Pasifik saat ini menggunakan enterprise open source, lebih tinggi dari rata-rata 90% di dunia,” ucap Albert Chai, General Manager RoSEA, Red Hat Asia Pacific, pada acara virtual pengumuman pemenang ajang Red Hat APAC Forum Virtual Experience yang diselenggarakan pada Rabu (3/11/2021).

Dengan tema “Open Your Perspective,” Red Hat APAC Forum Virtual Experience mendorong perusahaan-perusahaan di Asia Pasifik untuk membangun resiliensi mereka, meraih target transformasi, dan mendorong kemajuan bisnis menggunakan solusi open source.

Tahun ini Red Hat APAC Innovation Awards memberikan penghargaan kepada 24 perusahaan di wilayah Asia Pasifik atas pencapaian teknologi, pemikiran kreatif, pemecahan masalah, dan penggunaan solusi Red Hat yang inovatif. Para pemenang dipilih berdasarkan dampak dari penggunaan solusi Red Hat terhadap target bisnis dan kultur perusahaan, industri, komunitas, serta keunikan visinya. Mereka telah menunjukkan bagaimana tools dan kultur open source sudah membantu mereka meningkatkan produktivitas, kegesitan, dan penghematan biaya, sekaligus memberdayakan mereka untuk menjawab tantangan masa depan dan tren baru dengan lebih percaya diri dan efektif.

Para pemenang penghargaan dibagi dalam lima kategori: Digital Transformation, hybrid Cloud Infrastructure, Cloud-Native Development, Automation, dan Resilience.

Kategori: Digital Transformation and Hybrid Cloud Infrastructure
Pemenang: BTPN Syariah

BTPN Syariah dibentuk dari konversi PT Bank Sahabat Purba Danarta (Bank Sahabat) dan Unit Usaha Syariah BTPN. BTPN Syariah terdaftar sebagai Bank Umum Syariah ke-12 di Indonesia pada 14 Juli 2014.

Sebagai satu-satunya bank di Indonesia dengan fokus melayani keluarga produktif Financial Inclusive dan dengan target market yang potensial sebanyak lebih dari 4 juta orang, yang dikenal sebagai kalangan unbankable karena kurangnya rekam jejak finansial dan dokumen legal, BTPN Syariah melihat hal ini sebagai tantangan dan peluang. Dengan alasan tersebut, BTPN Syariah secara spesifik mendesain fasilitas dan infrastruktur yang berbeda dari perbankan konvensional, demi memastikan produk yang efektif dan efisien dan layanan bagi kalangan Financial Inclusive. Mulai beberapa tahun yang lalu, BTPN Syariah telah mengadopsi pendekatan baru guna memberikan kemudahan akses financial services bagi nasabahnya sebagai bagian dari inisiatif modernisasi mereka. Bank ini sebelumnya mengandalkan beberapa aplikasi, namun kemudian membutuhkan cara yang lebih cepat untuk menjawab perubahan kebutuhan dan demand pasar sekaligus mengurangi biaya.

Bank ini beralih ke Red Hat untuk membangun platform yang gesit untuk merancang dan menjalankan aplikasi dengan cepat, secara otomatis dan aman. Dengan menggunakan Red Hat Hybrid Cloud, Container, Automation and Middleware, BTPN Syariah sudah memanfaatkan container kelas enterprise dan kemampuan otomatisasi untuk mempercepat pengembangan aplikasi dan inovasinya.

Secara keseluruhan, para developer di bank ini sudah memiliki fondasi yang kuat untuk mengadopsi pemikiran desain dan metodologi yang agile. Solusi Red Hat berkombinasi kapabilitas yang dimiliki oleh tim yang ada di bank itu, telah memberdayakan BTPN Syariah untuk membangun solusi digital dan meningkatkan kecepatan pengembangan hingga 70%. BTPN Syariah juga meluncurkan layanan untuk memberikan pengalaman perbankan yang lebih baik. Solusi digital di BTPN Syariah, yang kini sudah containerized, telah meningkatkan kepuasan nasabah sampai 25%, seperti yang dilaporkan oleh tim Field Officer di bank tersebut. Pada akhirnya, BTPN Syariah berada di posisi yang baik untuk memenuhi misinya dalam mendukung partisipasi keuangan kalangan under-banked dalam perekonomian Indonesia yang tumbuh dengan cepat.

Kategori: Digital Transformation and Cloud-native Development
Pemenang: PT. Pegadaian (Persero)

PT Pegadaian (Pegadaian) adalah BUMN yang bergerak di sektor keuangan Indonesia. Perusahaan ini memiliki tiga unit bisnis yaitu pembiayaan, investasi emas dan berbagai layanan (remittance, pembayaran dan appraisal) dengan fokus pada retail dan segmen mikro. Pegadaian memiliki 4.085 cabang di seluruh Indonesia, melayani lebih dari 18,6 juta nasabah dan bisnis.

Untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang terus berubah, Pegadaian ingin membangun aplikasi yang inovatif dengan time-to-market yang lebih cepat untuk segmen bisnis penyimpanan emas dan investasi. Perusahaan juga menginginkan platform teknologi yang memungkinkan mereka untuk berkolaborasi dengan para mitra dan meningkatkan pelayanan untuk mengakomodasi permintaan nasabah pada waktu-waktu sibuk, seperti akhir pekan atau hari libur nasional.

Dengan menggunakan Red Hat OpenShift, Red Hat OpenShift Data Foundation, Red Hat Enterprise Linux Server dan Red Hat Integration, Pegadaian memodernisasi aplikasinya, mempercepat inovasi, dan menggelar layanan baru dengan lebih cepat dan lebih andal. Developer juga bisa meningkatkan kecepatan delivery dan relevansi layanan IT untuk bisnis dan meluncurkan solusi yang sesuai bagi nasabah. Sebagai contoh, Pegadaian membangun kemampuan digital dan memperkuat kualitas layanan layanan gadainya sehingga konsumen bisa mengakses layanan gadai dengan aman dari rumah mereka melalui aplikasi Pegadaian Digital selama pandemi COVID-19.

Solusi Red Hat juga memungkinkan Pegadaian menambah beberapa channel pembelian ke beberapa portal e-commerce populer dan mengintegrasikannya dengan bank BUMN, sehingga memberikan nasabah user experience yang lebih komprehensif. Dengan transformasi layanan digital dan membuka lebih banyak channel, Pegadaian bisa memperluas jangkauannya untuk mendukung lebih banyak orang dan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk nasabahnya.

Kategori Digital Transformation memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang berhasil menjawab tantangan IT dan memberikan nilai bisnis untuk menjadi perusahaan digital yang bisa berkompetisi secara efektif. Adapun kategori Hybrid Cloud Infrastructure menampilkan berbagai penerapan public cloud, private cloud maupun open hybrid cloud yang kolaboratif. Kategori Cloud-native Development menampilkan berbagai metodologi yang agile dan perusahaan yang paling sukses menggambarkan keunggulan keseluruhan kinerja dalam menciptakan, menjaga dan menjalankan aplikasi bisnis yang berhasil.

Artikel Terbaru