spot_img
BerandaNewsGanti Tizen dengan Wear OS, Samsung Curi Pangsa Pasar Smartwatch Apple di...

Ganti Tizen dengan Wear OS, Samsung Curi Pangsa Pasar Smartwatch Apple di Q3-2021

-

Jakarta, Selular.ID – Pengiriman smartwatch di seluruh dunia naik 16 persen pada kuartal ketiga 2021 dibandingkan dengan kuartal sama tahun lalu, menurut data dari perusahaan analitik Counterpoint Research.

Apple tetap menjadi vendor teratas, tetapi pangsanya turun 10 persen tahun ke tahun, yang sebagian dapat dikaitkan dengan fakta bahwa smartwatch terbaru perusahaan, Watch 7 Series, dirilis pada bulan Oktober. Alasan lain adalah karena Samsung sekarang menghasilkan smartwatch yang lebih baik.

Raksasa Korea Selatan adalah pemenang terbesar Q3 dan berhasil meningkatkan pengirimannya secara signifikan. Dalam hal penjualan, ini adalah kuartal yang memecahkan rekor bagi perusahaan. Ini menggeser Huawei sebagai vendor terbesar kedua dan mempersempit kesenjangan dengan Apple.

Hasil ini menyiratkan seri Galaxy Watch 4 tahun ini, yang merupakan perangkat pertama Samsung yang menjalankan platform Wear OS dari Google, diterima dengan baik oleh konsumen. Smartwatch menawarkan sensor penghitungan persentase lemak tubuh dan bekerja dengan sangat baik.

Tetapi riset Counterpoint menunjukkan lebih dari 60 persen volume penjualan berasal dari Amerika Utara dan Eropa, di mana model kisaran harga menengah ke atas adalah yang paling populer.

Untuk mendapatkan lebih banyak pangsa pasar — khususnya di Asia — perusahaan diduga berencana meluncurkan model smartwatch terjangkau dalam dua hingga tiga tahun. Sebagai perspektif, sekitar sepertiga smartwatch yang dijual pada Q3 2021 berharga kurang dari $100.

Samsung kemungkinan akan menghadapi persaingan ketat dari merek yang kurang dikenal seperti Noise dan boAt, yang merupakan yang pertama dan kedua di pasar India, dan menggandakan penjualan mereka dari kuartal sebelumnya.

Sekarang smartwatch Samsung menjalankan Wear OS dan bukan Tizen, tidak mengherankan jika pangsa pasar yang pertama tumbuh menjadi 17 persen dari 3 persen pada Q3 2020. Pangsa Apple Watch OS turun menjadi 22 persen dari 28 persen.

Selanjutnya, Amazfit adalah vendor smartwatch terbesar ketiga di Q3, berkat popularitas merek yang meningkat di Eropa. Imoo milik BBK Electronics menjadi paling populer keempat selama kuartal tersebut dan Huawei adalah yang kelima.

Artikel Terbaru