spot_img
BerandaAppsCara Gunakan Fitur Menarik di Aplikasi Truecaller

Cara Gunakan Fitur Menarik di Aplikasi Truecaller

-

Jakarta, Selular.ID –  Panggilan dari nomor tak dikenal yang menyerang telepon genggam milik beberapa pengguna kerap kali menjengkelkan. Masyarakat pun dituntut waspada dalam menerima panggilan lantaran kejahatan bisa bermula lewat nomor ponsel, baik pribadi ataupun perusahaan.

Sebagai tambahan informasi, ancaman panggilan spam di Indonesia merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Rata-rata pengguna di Indonesia menerima lebih dari 18 kali panggilan spam yang mengancam keamanan data. Apalagi, pandemi Covid-19 turut mepengaruhi perilaku pelaku spam.

Truecaller, aplikasi yang menyuguhkan layanan caller ID dan spam blocking itu bisa dijadikan solusi terkait panggilan yang bisa berujung kerugian ini. Perusahaan asal Swedia itu sudah dipercaya oleh 280 juta user di seluruh dunia dalam membantu mereka berkomunikasi dengan lebih aman dan efisien.

Layanan ini sangat berguna terutama dalam membantu kelompok new adopter yang baru belajar menggunakan teknologi digital dan biasanya lebih rentan terhadap penipuan panggilan telepon. Pelanggan layanan Truecaller premium akan mendapatkan update nomor spam secara otomatis, sementara pengguna reguler harus melakukan update secara berkala.

Namun, banyak orang masih belum mengetahui bahwa Truecaller menyediakan beragam fitur lain yang menarik. Semua layanannya didesain untuk membantu komunikasi user yang lebih aman dan efisien, terutama bagi user yang mengharuskan dirinya berkomunikasi dengan banyak pihak untuk berbagai urusan.

Selain melacak identitas nomor telepon, berikut ini beberapa fitur-fitur menarik yang jarang orang ketahui di aplikasi Truecaller:

1. Simpan Nomor Telepon Baru tanpa Repot Ketik

Aplikasi True Caller

Jika Anda berniat menghadiri sebuah acara atau mendaftar sebuah program melalui nomor telepon yang terpampang disebuah billboard atau poster, Anda dapat menyimpannya dengan lebih mudah menggunakan Truecaller.

Pada menu pencarian, Anda hanya perlu menekan icon berbentuk kamera. Arahkan kamera pada gambar atau poster yang memuat nomor tersebut. Nomor telepon akan otomatis terinput tanpa Anda perlu mengetik satu per satu. Selain itu, Anda dapat segera memastikan identitas nomor tersebut untuk memberikan sedikit gambaran lebih mengenai pihak yang akan Anda hubungi.

2. Atur sendiri siapa saja yang dapat menghubungi Anda

Truecaller memberikan keleluasaan kepada penggunanya untuk menentukan siapa yang bisa menghubunginya. Jika Anda menginginkan hanya orang-orang dalam daftar kontak phonebook Anda yang dapat menghubungi Anda, Anda dapat melakukannya dengan cara:

  1. Pergi ke menu Setting.
  2. Pilih menu block
  3. Pilih pengaturan “Block Number Not in the Phonebook”

Anda bahkan bisa memblokir panggilan dari semua nomor telepon dari negara atau kombinasi nomor tertentu. Caranya, pada menu block, Anda dapat memilih tanda plus (+), lalu pilih block a country code atau block a series number. Dalam menu yang sama, Anda juga dapat memilih melakukan penyaringan panggilan dengan blokir nomor telepon berdasarkan nama sender.

3. Blue Verified Badge untuk Profile yang lebih Profesional

 

true caller for business

User Truecaller dapat memiliki verified badge dengan tanda centang pada profilenya. Untuk mengaktifkannya, user hanya perlu menghubungkan profile Truecaller dengan akun Facebbok dan memastikan nama akun tertera sama dengan nama akun pada Truecaller.

Setelah melakukan proses ini, dibutuhkan beberapa waktu sampai sistem memiliki cukup bukti bahwa nama yang didaftarkan telah sesuai. Selanjutnya, sistem akan memberikan verified badge pada akun user bersangkutan.

4. Manfaatkan fitur Call Reason untuk Panggilan Darurat Lebih Efektif

fitur call reasion

Seringkali, kita melewatkan panggilan telepon penting dari keluarga, teman, atau rekan terdekat. Dengan mengaktifkan fitur Call Reason, penelpon dapat memberikan label pada setiap panggilan yang dibuatnya. Dengan demikian, penerima panggilan dapat menentukan apakah panggilan tersebut perlu dijawab atau tidak.

User dapat memberikan label pada setiap panggilannya – tanpa syarat tambahan dan batasan kuota, sebelum mereka melakukan panggilan telepon. Mendapat sambutan positif, fitur Call Reason akhirnya juga sudah ditambahkan pada layanan Truecaller for Business. Dengan mengetahui alasan sebuah perusahaan menelpon pelanggannya, kesempatan perusahaan menjangkau pelanggannya menjadi lebih besar.

5. Truecaller Smart SMS – Atur dan kirim pesan dengan lebih cerdas

Selain menyediakan layanan blokir spam, aplikasi Truecaller juga menyediakan instant messaging untuk chating dan menelpon. Selain itu, user juga dapat menjadikan aplikasi Truecaller sebagai aplikasi utama/default untuk mengirim dan menerima pesan SMS.

Dengan teknologi Smart Intelligence yang dimilikinya, Truecaller dapat mengkategorisasikan SMS di inbox pengguna berdasarkan informasi penting yang dibutuhkan, user juga dapat menyetel reminder pembayaran transaksi digital, dan menandai pesan yang-pesan yang berpotensi spam.

Semua proses ini berlangsung secara ofline di perangkat pengguna. Truecaller tidak menyimpan dan membaca pesan yang masuk dan keluar inbox user. User dapat mengaktifkan fitur reminder ini pada menu setting >> Messaging.

6. Call Alerts – Terima pemberitahuan panggilan sebelum telepon berdering.

Aplikasi Truecaller dapat mengirimkan peringatan panggilan 3 detik sebelum telepon benar-benar masuk. Fitur ini otomatis diaktifkan bagi pengguna Truecaller di ponsel android. Fitur ini membantu Anda untuk segera menyetel ponsel dalam mode silent segera sebelum telepon berdering. Fitur ini hanya dapat aktif apabila penelpon merupakan pengguna Truecaller. Pengguna dapat kapan saja mengaktifkan fitur ini pada menu setting.

7. Spam Statistics – Menampilkan rating spam pada panggilan yang masuk

Dengan kasus spam di seluruh dunia yang meningkat tajam, Truecaller membantu penggunanya untuk mengetahui tingkat nomor spam yang mereka terima. Fitur Spam Statistic ini tersedia di perangkat Android. Dengan melihat statistik tingkat spam sebuah nomor, pengguna dapat menilai dengan lebih baik panggilan telfon yang mengandung spam.

Statistik ini meliputi berapa banyak panggilan yang telah dilakukan nomor terseut, termasuk waktu paling sering melakukan panggilan. Fitur ini juga memungkinkan pengguna melihat seberapa sering pengguna Truecaller lain melabelkan nomor tersebut sebagai spam. Semakin tinggi tingkap statistik spam yang dilakukan, pengguna dapat lebih hati-hati dalam menerima panggilan tersebut.

Best Smartphone 2021

Smartphone terbaik 2021 adalah sebagai berikut

Tonton juga video di bawah ini:

Artikel Terbaru