spot_img
BerandaNewsEnterpriseBukan Snapdragon 898, Qualcomm Mengkonfimasi Nama Prosesor yang Bakal Dirilis

Bukan Snapdragon 898, Qualcomm Mengkonfimasi Nama Prosesor yang Bakal Dirilis

-

Jakarta, Selular.ID – Dalam acara Tech Summit yang digelar 30 November hingga 2 Desember, Qualcomm disebut-sebut akan memperkenalkan chipset ponsel andalan.

Dalam event tahun itu, kemungkinan besar Qualcomm akan memperkenalkan Snapdragon 898 sebagai penerus Snapdragon 888.

Namun kabar terbaru menyebutkan bahwa Qualcomm tidak akan menggunakan nama Snapdragon 898.

Qualcomm telah mengkonfirmasi rumor baru-baru ini, perusahaan mengatakan bahwa mereka akan beralih ke skema penamaan baru untuk platform selulernya.

Nama-nama tersebut akan mencakup “seri satu digit dan nomor generasi, dimulai dengan platform seri Snapdragon 8 unggulan terbaru.

Singkatnya Qualcomm akan mengunakan nama Snapdragon 8 Gen1. Gen1 untuk 2021, Snapdragon 8 Gen2 untuk 2022, dan seterusnya. Qualcomm memastikan bahwa mereka tak lagi menggunakan angka ratusan untuk produk prosesor yang ada saat ini, seperti Snapdragon 888, 888 Plus, atau lainnya.

Perubahan nama ini mulai berlaku untuk Snapdragon seri 8 sebagai produk unggulan Qualcomm. Sejauh ini Qualcomm belum menyebut apakah perubahan nama ini turut berlaku untuk prosesor di bawahnya seperti Snapdragon seri 7, 6, atau 4.

Perubahan lain yang diumumkan adalah pemisahan nama Qualcomm dan Snapdragon, di mana Snapdragon akan menjadi merek produk yang berdiri sendiri.
Namun, perusahaan masih bisa menambahkan kata Qualcomm di Snapdragon apabila sesuai.

Perubahan selanjutnya adalah logo bola api di Snapdragon yang ikonik. Logo ini diklaim memiliki visual baru dan kreativitas lain.Warna representatif baru juga diperkenalkan lewat Midnight, Gunmetal, Nicke, Snapdragon Red, dan Gold. Warna terakhir akan dipakai untuk mewakili produk premium Qualcomm.

Kemudian, Qualcomm akan menghapus nama 5G yang biasa muncul di produk Snapdragon. Perusahaan memastikan chip mereka selanjutnya bakal mendukung internet 5G.

Prosesor baru Qualcomm selanjutnya, Snapdragon 8 Gen1 akan resmi diperkenalkan pada event Snapdragon Tech Summit pada 30 November mendatang.

Chipset ini disebut akan menggunakan CPU AMR Cortex-X2, Cortex-A710, dan Cortex-A510.Sementara untuk GPU, Qualcomm disebut akan memakai Adreno 730.

Adapun perangkat pertama yang dikabarkan akan menggunakan chipset ini adalah Xiaomi 12 dan diperkirakan akan meluncur pada akhir 2021.

Baca Juga:Qualcomm Segera Merilis Snapdragon 898, Ini Bocorannya

Smartphone Ini akan datang sebagai penerus Snapdragon 888 tahun lalu yang mendukung banyak flagships tahun ini.

Sekarang, sambil menunggu pengumumannya, keterangan rahasia DigitalChatStation telah membagikan gambar ponsel misterius yang ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Gen2 dan gambar tersebut menunjukkan ponsel yang menjalankan aplikasi Device Info HW yang mengonfirmasi beberapa detail utama dari chipset unggulan.

 

Artikel Terbaru