spot_img
BerandaDevicesShure Portable Receiver ADX5D Bekali Industri Penyiaran secara Nirkabel

Shure Portable Receiver ADX5D Bekali Industri Penyiaran secara Nirkabel

-

Jakarta, Selular.ID – Industri penyiaran, termasuk di dalamnya kegiatan pencarian dan produksi berita, serta produksi film dan konten digital dan penyiaran event secara langsung (live) sangat bergantung teknologi audio-video yang mampu menghantarkan produk akhir dengan kualitas prima.

Bagaimana pun juga, proses produksi yang dijalani dalam bidang ini tidaklah selalu mudah untuk dilakukan. Dengan adanya keterbatasan dalam kemampuan operasional di beberapa alat dan perangkat, terutama saat kamera harus senantiasa bergerak ke berbagai arah dengan jarak yang cukup jauh dari ruang kendali, membuat proses audio capture menjadi lebih menantang.

Tim produksi di lapangan juga dihadapkan dengan berbagai tantangan lain, di mana output audio yang dihasilkan tidak memberikan hasil yang optimal yang disebabkan suara latar yang cukup kencang, serta sinyal yang lemah atau hilang dari transmisi frekuensi. Di samping itu, dengan membawa peralatan yang cukup berat dan banyak membuat proses produksi tersebut semakin sulit.

Jurnalis senior dan news anchor Kompas TV Aiman Witjaksono menekankan pentingnya kualitas audio yang prima yang menjadi bagian tak terpisahkan pada proses produksi pada pencarian berita secara langsung, sebuah elemen bisnis utama pada industri penyiaran.

“Sering kali di lapangan kami harus menghadapi tantangan yang kita tidak bisa kendalikan. Alur kerja yang berjalan serba cepat yang menuntut kita untuk bergerak ke berbagai arah, serta suara latar yang cukup kencang merupakan beberapa kesulitan yang kami hadapi. Tentu saja tantangan ini akan mempengaruhi output berita yang kami hasilkan. Sebagai pekerja profesional, kami harus bisa mengelola pekerjaan untuk mendapatkan tidak hanya visual yang jelas, namun juga audio berkualitas baik untuk memastikan kejelasan pesan yang ingin kami sampaikan,” kata Aiman.

Turut menegaskan dari pernyataan Aiman, Head of Sound Reinforcement of Mola TV Hardjono Amidjojo menggaris bawahi sejumlah tantangan pada peralatan audio yang digunakan dalam proses produksi berita dan event live yang kerap kali hadir dalam bentuk dan ukuran yang cukup besar serta cukup berat. Tentu saja kondisi seperti ini membuat proses produksi yang membutuhkan mobilitas tinggi menjadi semakin sulit. Hardjono membagikan pengalamannya beberapa tahun silam atas sejumlah proyek (event) yang dia kelola, di mana membawa peralatan audio yang cukup berat ke berbagai titik di lokasi live event membuat proses produksi tersebut menjadi sangat menguras tenaga.

“Pada masa itu, peralatan audio yang berukuran besar serta berat itu benar-benar membuat produksi live event menjadi sangat sulit. Sekarang kita berada di era digital, di mana semua alat dan sistem dibuat menjadi ringan dan berukuran relatif kecil yang mudah dibawa. Tantangan seperti itu tadi mestinya kini sudah tinggal menjadi kenangan saja,” kata Harjono.

Melihat lebih jauh atas tren permintaan solusi nirkabel jarak jauh yang terus berkembang, merk produk audio Shure memperkenalkan portable receiver Axient Digital ADX5D.

Product Specialist PT Goshen Swara Indonesia (Distributor Shure di wilayah Indonesia) Dwivaldo Desprialdi menjelaskan bahwa ADX5D dikembangkan dari satu kebutuhan mendasar: bagaimana menghadirkan keunggulan Axient Digital ke dalam opsi portable yang ringan, kecil dan mudah dibawa. Shure memahami adanya permintaan dari industri untuk kapabilitas nirkabel yang menjawab kebutuhan production environment di masa kini yang senantiasa terus berkembang.

ADX5D diciptakan sebagai produk yang ideal di berbagai “environment”, seperti penyiaran langsung atas event atau acara olah raga, pengumpulan berita secara elektronis, produksi konten atau serial televisi, dan produksi konten di lapangan, yang kesemuanya sangat bergantung pada kualitas suara di lokasi. Portable receiver ini mendukung permintaan atas solusi nirkabel jarak jauh yang memastikan pesan dapat tersampaikan secara jelas.

“Kami merancang ADX5D Portable Receiver untuk melengkapi teknologi nirkabel inovatif yang sama dari Axient Digital yang telah lebih dulu dikenal, dan dihadirkan dalam bentuk portable untuk para profesional di lapangan dan dapat dengan mudah dibawa dan cepat dioperasikan,” kata Dwivaldo.

Dia menjelaskan lebih jauh bahwa ADX5D hadir di pasaran dengan sejumlah fitur utama, seperti portabilitas dan kenyamanan, di mana produk ini berfungsi sebagai wireless receiver yang dapat dibawa dengan mudah dan dioperasikan dengan cepat, yang menawarkan kinerja berdaya tinggi dalam bentuk portabel. Produk ini dapat dengan mudan dikaitkan dan disambungkan langsung dengan audio input pada kamera broadcast profesional.

“Produk ADX5D yang baru saja diluncurkan ini membantu para profesional di lapangan untuk dapat bergerak ke berbagai arah dengan mudah dalam proses produksi yang mereka jalani. Dilengkapi dengan kualitas audio yang prima, kapabilitas nirkabel terbaik yang hadir dalam berat yang ringan, Shure membantu para profesional ini untuk membuat pekerjaan mereka menjadi jauh lebih mudah dengan tetap menghasilkan output audio yang sangat baik,” kata Dwivaldo.

Baik berada di lapangan untuk menyiarkan laporan cuaca, di lokasi shooting film, atau pengambilan gambar pada pertandingan berskala besar, ADX5D menghadirkan kinerja dan audio berkualitas prima. Para profesional di bidang film, TV, pengumpulan berita secara elektronik kini dapat mengakses kualitas audio yang sama dan kinerja RF yang selama ini telah dipercaya oleh para profesional bidang live sound selama bertahun-tahun. Sebagai tambahan, ADX5D juga dilengkapi teknologi RF berkinerja tinggi yang telah terbukti di industri, penerimaan true digital diversity, dan teknologi audio digital terkini yang kesemuanya dihadirkan dalam bentuk portabel.

Sejumlah fitur kunci pada produk ini mencakup teknologi true digital diversity membantu memitigasi potensi sinyal yang melemah atau interferensi yang dapat menyebabkan sinyal melemah atau hilang. Selain itu, Shure juga menyediakan kendali jarak jauh dan dilengkapi Axient Digital Ecosystem.

Artikel Terbaru