spot_img
BerandaDevicesIDC Perkirakan Pasar Laptop Gaming Terus Tumbuh, Walaupun Pandemi Menurun

IDC Perkirakan Pasar Laptop Gaming Terus Tumbuh, Walaupun Pandemi Menurun

-

Jakarta, Selular.ID – Firma riset IDC memperkirakan bahwa pengiriman untuk desktop gaming, laptop, dan monitor akan terus berkembang, bahkan ketika pandemi Covid-19 mulai menurun sekalipun.

“Banyak yang berspekulasi bahwa merengangnya pebatasan di seluruh dunia, bisa menutup pertumbuhan pada perangkat-perangkat tersebut, tetapi kami tidak melihat,” kata analis IDC Ryan Reith.

IDC dalam hal ini malah memproyeksikan bahwa pengiriman PC gaming akan meningkat dari 41,3 juta pada tahun 2020 menjadi 52,3 juta pada tahun 2025. Demikian pula, pasar monitor gaming diperkirakan akan melonjak dari 14,2 juta unit yang dikirim menjadi 26,4 juta selama jangka waktu yang sama.

Sebelum pandemi, pasar PC mengalami stagnasi selama bertahun-tahun karena konsumen berfokus pada smartphone. Satu-satunya pengecualian adalah pasar game PC, di mana permintaan secara konsisten kuat, terutama untuk laptop dan monitor gaming.

Namun  IDC memperkirakan harga jual rata-rata untuk PC gaming akan meningkat dari $925 (13 jutaan) menjadi $1.007 (Rp14 jutaan) pada tahun 2025. Sementara itu, harga jual rata-rata untuk monitor diproyeksikan sedikit turun, dari $339 (Rp4,8 jutaan) menjadi $309 (Rp4,4 jutaan)

IDC tidak menjelaskan mengapa harga PC gaming bisa naik. Namun saat ini,  industri elektronik menghadapi kekurangan chip yang secara historis buruk bagi vendor, dan krisis ini diklaim akan berlangsung hingga 2023.

Kemudian kekurangan tenaga kerja dan kenaikan biaya pengiriman juga mengancam biaya pada pembuat PC, yang berujung menyebabkan kenaikan harga. Konsumen sudah melihat kejadian ini pada produk kartu grafis PC, yang mulai naik harganya awal tahun ini.

Baca juga :  Laba Samsung Naik 28 Persen di Q3 2021, Bisnis Semikonduktor Sumbang Setengah dari Keuntungan
spot_img

Artikel Terbaru