spot_img
BerandaTipsCara Gampang Mengetahui Tagihan Listrik PLN Lewat WhatsApp

Cara Gampang Mengetahui Tagihan Listrik PLN Lewat WhatsApp

-

Jakarta, Selular.ID –PLN menyediakan layanan dalam mewadahi informasi estimasi tagihan listrik melalui  aplikasi WhatsApp. Pelanggan cukup menggunakan Smartphonenya untuk meminta info total tagihan listrik dengan menghitung meteran dari tanggal 24 sampai 27 setiap bulannya.

Karena Listrik untuk saat ini menjadi kebutuhan premier, karena semua peralatan yang ada dirumah kebanyakan menggunakan listrik. Dengan itu pelanggan bisa menghubungi Perusahaan yang dinaungi oleh pemerintah ini, dengan menghubungi nomer 0812212312. Dengan memberikan informasi jumlah meteran listrik pelanggan saat ini

Berikut cara menghubungi pelayanan informasi di Whatsappp, tentang tagihan listrik mellalui meteran :

  • Pertama- tama pelanggan menghubungi PLN melalui WA di nomor 08122 123 123
  • Setelah anda mendapatkan nomoru tersebut, Ketik “Halo”
  • Ketik 2 untuk melakukan baca meter mandiri
  • Lalu baca informasi yang muncul
  • Masukan ID pelanggan anda
  • Setelah ID pelanggan anda dan data hari baca sudah sesuai, silakan ketik angka stand kWh meter pada meteran listrik dan kirimkan foto kWh meter (angka stand harus terlihat jelas)
  • Jika semua data yang dimasukan Valid. PLN akan melakukan verifikasi data yang telah dikirimkan pelanggan.

Layanan yang ditawarkan oleh PLN ini bertujuan untuk mengurangi perbedaan antara pencatatan rata-rata dengan angka yang tercantum dalam stand meter kWh, yang bisa  mengakibatkan kekurangan atau kelebihan bayar pelanggan. Selain itu dihadirkannya jasa cek tagihan melalui Whatsapp ini ditujukan kepada tempat tinggal yang tidak bisa ditanganin oleh petugas PLN yang mengecek meteran listriknya. Jasa ini berlaku kepada semua sistem pembayaran  pascabayar.

Baca juga :  Cara Memastikan Aplikasi Aman dari Ancaman Siber

Sistem Pascabayar merupakan layanan pembayaran listrik yang dilakukan pada akhir bulan. Di mana pada sistem ini para pelanggan dibebaskan memakai terlebih dahulu energi listrik yang dibutuhkannya kemudian pembayarannya disesuaikan dengan energi listrik yang digunakannya pada akhir bulan. Biasanya pelanggan yang menggunakan system ini masih menggunakan perangkat analog yang menunjukkan besarnya daya yang telah digunakan.

Baca juga :  Tips Memotret Tanaman Hias dengan Smartphone

Jika mengalami kendala, saat pengisian data Meteran, maka PLN otomatis menghtung berdasarkan pemakaian tiga bulan terakhir. Selain menggunakan Whatsapp untuk mengetahui berapa tagihan listrik yang harus dibayar, ada beberapa fitur diantaranya menggunakan web.pln.co.id atau juga bisa instal aplikasi PLN bernama PLN mobile.

Tonton juga Video Di bawah ini :

spot_img

Artikel Terbaru