spot_img
BerandaNewsMarket UpdateTablet Apple dan Xiaomi Diluncurkan Berbarengan, Bagaimana Prediksi Penjualannya

Tablet Apple dan Xiaomi Diluncurkan Berbarengan, Bagaimana Prediksi Penjualannya

-

Jakarta, Selular.ID – Awalnya, Mi Pad 5 bakal melenggang pada 10 Agustus 2021, namun perusahaan mengundur waktu peluncurannya, dan Mi Pad 5 hadir bersama dengan kehadiran Xiaomi 11T di acara global pada Rabu, (15/09/21).

Tablet ini hadir dengan ukuran layar TrueTone WQHD+ 11 inci (1.600×2.560 piksel), dan rasio aspek 16:10, serta mendukung teknologi Face Unlock, yang memiliki refresh rate 120Hz, ditenagai Qualcomm Snapdragon 860, dan menawarkan RAM 6 GB serta penyimpanan hingga 256 GB.

Pad 5 menjalankan MIUI 12.5 berbasis sistem operasi Android 11, membuat perangkat ini cocok digunakan multitasking. Untuk penyimpanannya sendiri, Pad 5 hadirkan RAM 5GB dan ROM 256GB.Bagian kamera, Xiaomi memasangnya dengan satu kamera belakang 13 MP lengkap dengan lampu kilat LED, plus kamera depan 8 MP.

Tablet ini mengemas daya baterai 8.720 mAh yang mendukung pengisian cepat 33W. Selain itu, tablet ini hadir dengan empat speaker dan mendukung Dolby Atmos. Pilihan konektivitas termasuk Wi-Fi, Bluetooth v5, port USB Type-C, dan banyak lagi. Aplikasi Netflix juga sudah diinstal sebelumnya di Xiaomi Pad 5.

Bersamaan dengan Xiaomi Pad 5, perusahaan juga telah meluncurkan Smart Pen. Terdapat dua tombol pada Smart Pen ini, satu memungkinkan pengguna untuk membuat catatan cepat dan lainnya memungkinkan untuk screenshot instan.
Smart Pen hadir dengan tingkat sensitivitas tekanan 4.096 dan beratnya hanya 12,2 gram. Ini mendukung navigasi gerakan dan memiliki tip lembut TPE yang dapat diganti. Clip-on magnetik juga berfungsi ganda sebagai basis pengisian nirkabel untuk Xiaomi Smart Pen. Xiaomi mengklaim hanya membutuhkan waktu 18 menit untuk mengisi penuh.

Soal harga, Xiaomi Pad 5 dengan RAM 6 GB/128 GB dibanderol 349 euro (Rp 5,9 juta) dan pilihan 6 GB/ 256 GB harganya 399 euro (Rp 6,7 juta). Keduanya tersedia degan pilihan warna Cosmic Grey dan Pearl White, dan akan mulai dijual pada 23 September 2021.

Apple rilis iPad Mini 2021
Seperti diketahui, di waktu yang sama, Apple telah merilis iPad 10.2 dan iPad Mini 2021. Kedua perangkat tersebut dibekali dengan chip garapan Apple sendiri A15 Bionic. Kalau sebelumnya iPad Mini hanya memiliki layar seluas 7,9 inci, pada model baru layarnya bertambah luas hingga mencapai 8,3 inci.

Sementara untuk chip, Apple mengklaim bahwa performa chip A15 dengan 6-core CPU, 5-core GPU, dan 16-core Neural Engine meningkat 40% lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Lebih jauh, dengan chip Apple Bionic A15, Apple mengungkapkan bahwa iPad Mini 2021 mumpuni digunakan untuk pembuatan konten, sekolah online, dan bermain game kelas menengah.

Baca juga :  Motorola merilis TAB Entry Level, apakah akan dijual di Indonesia ?

Dari segi kamera, iPad Mini 2021 membawa kamera utama beresolusi 12MP dengan teknologi Focus Pixel, Cinematic Video Stabilization dan Smart HDR. Kamera utama iPad Mini 2021 juga membawa aperture yang lebih besar dan mampu merekam video kualitas 4K 60FPS.
Untuk kamera depan, iPad Mini 2021 menggunakan kamera beresolusi 12MP dengan fitur Center Stage. Fitur Center Stage memungkinkan pengguna untuk tetap dalam frame kamera meski ia bergerak ke berbagai arah.

Selain itu, port USB-C baru memungkinkan konektivitas yang lebih cepat namun relevan dengan tren saat ini. Hal tersebut membuat penggunaan iPad Mini baru lebih luwes dengan perangkat lainnya yang juga mendukung konektivitas dan pengisian daya USB Type-C.
Selain iPad Mini baru, Apple juga merilis iPad generasi ke-9 dari iPad pertama yang dirilis pada 2010 silam. Pembaruan utamanya ada pada prosesor A13 Bionic, juga kamera depan 12 MP yang mendukung Center Stage.

Baca juga :  Spesifikasi iPhone SE 2022 Beredar Bakal Dilengkapi Chip A15 Bionic

iPad yang akan dikapalkan dengan iPadOS 15 ini ditingkatkan kapasitas penyimpanan minimalnya dari sebelumnya 32 GB menjadi 64 GB dengan harga varian termurah yang sama. iPad Mini baru atau iPad Mini 6 dijual dengan harga mulai USD 499 (setara Rp 7,1 jutaan) dan iPad 9 harganya mulai dari USD 329 (setara Rp 4,6 jutaan).

Sebagai brand, iPad Apple memang tak perlu diragukan, namun Xiaomi datang dengan segala kejutan, dirilis secara bersamaan mungkin terlalu naif jika membandingkan Xiaomi dengan Apple, karena secara pemjualan Apple masih memimpin pasar tablet.

Baca Juga:Seperti Pasar Tablet di Cina, Penjualan Tablet di Negara Berkembang Diprediksi Meningkat!

Baru-baru ini Tim Cook berujar bahwa iPad pada kuartal II 2021 mengalami capaian paling sukses hampir di satu dekade keberadaanya.
Ucapanya itu diperkuat dengan data laporan IDC yang baru saja melaporkan jika angka pengiriman perangkat tablet di seluruh dunia, dan menggaris bawahi keunggulan Apple atas seluruh pesaingnya yang ada di kolam persaingan produk tersebut. IDC memperkirakan bahwa Apple mengirimkan 12,9 juta iPad pada kuartal kedua. Pesaing terdekatnya adalah Samsung, yang mencapai 8 juta pengiriman.

Bagaimana dengan Xiaomi?  Tidak sepeti smartphone, untuk pasar tablet, brand asal China ini memang belum diperhitungkan, di Indonesia sendiri tablet harga Rp1 hingga 2 jutaan yang masih menjadi incaran, dan bagi pemain yang baru merambah di pasar tablet, bermain di atas harga itu sepertinya butuh waktu cukup lama untuk melihat keuntungan.

spot_img

Artikel Terbaru