spot_img
BerandaInsightSpesifikasi Andal, Strategi Jitu Infinix Bersaing di Pasar Laptop Indonesia

Spesifikasi Andal, Strategi Jitu Infinix Bersaing di Pasar Laptop Indonesia

-

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan akan laptop di Indonesia semakin tinggi selama era pandemi di tahun 2021 ini. Karena masyarakat Indonesia menggunakan laptop untuk melakukan kegiatan rutin secara online seperti bekerja dan belajar. Berdasarkan data terbaru IDC, pasar PC termasuk desktop, notebook dan workstation tanah air bertumbuh sebesar 50% YoY pada semester pertama 2021 dengan total 2.06 juta unit yang masuk ke Indonesia diandingkan periode yang sama di tahun 2020.

Notebook/laptop tetap menjadi produk pendorong akan pertumbuhan pasar PC untuk segmen konsumer dan komersial dengan pangsa pasar sebesar 85% dari keseluruhan PC dengan pertumbuhan tahunan yang mengesankan sebesar 78% di H1-2021. Stallone Hangewa, Senior Market Analyst, IDC Indonesia mengungkapkan pengiriman desktop dan notebook untuk pasar konsumer kembali bertumbuh masing-masing sebesar 22% dan 28% selama semester pertama (H1) 2021. Hal tersebut dikarenakan sekolah masih terus menerapkan pembelajaran jarak jauh, notebook masih menjadi perangkat pilihan dikarenakan penggunaan webcam sangat esensial selama proses belajar-mengajar

Dalam Top 5 Vendor PC di Indonesia H1-2021 versi IDC, Asus bertahan diposisi teratas pada semeseter pertama 2021 dengan total pangsa pasar sebesar 25%. Segmen komersial Asus menunjukan pertumbungan yang sangat mengesankan dengan mencatatkan pertumbuhan sebesar 1,141%. Hal ini didorong oleh perangkat Chromebook untuk proyek pengadaan dibidang pendidikan.

Selanjutnya di posisi selanjutnya ditempati oleh Acer, Lenovo, HP, dan Dell. Sayangnya, IDC tidak menyebut detail perolehan pangsa pasar masing-masing vendor PC selama periode Januari hingga Juni 2021. IDC memprediksikan pada semester 2 tahun 2021 ini permintaan terhadap notebook akan terus meningkat, walaupun kelas tatap muka sudah mulai diperkenalkan kembali oleh sekolah-sekolah di beberapa kota di Indonesia.

IDC juga memaparkan, peluang untuk pasar PC di Indonesia masih terbuka lebar. Namun ketersediaan barang masih menjadi tanda tanya untuk semua PC vendor. Hal ini bisa berpotensi menyebabkan kehilangan kesempatan akan peluang tersebut.

Baca juga: Vendor Smartphone Menggempur Pasar Laptop Tanah Air 2021

Di tahun 2021 ini, empat vendor smartphone ikut meramaikan industri laptop tanah air seperti Xiaomi, Infinix, Realme dan Itel. Infinix menjadi pelopor brand smartphone yang merambah ke industri laptop tanah air dengan meluncurkan laptop perdananya ke Indonesia yaitu INBook X1 Series pada Juni 2021. Selanjutnya, Xiaomi menghadirkan laptop ke Indonesia untuk pertama kalinya yaitu RedmiBook 15 pada 22 Juli 2021.

Bulan lalu, Realme juga turut memboyong laptop pertamanya yaitu Realme Book pada tanggal 18 Agustus 2021. Di bulan September ini, tepatnya 4 September, giliran saudara Infinix, Itel meluncurkan laptop perdananya bernama Able 1 ke Indonesia.

Melihat ketatnya persaingan pasar laptop di tanah air, para pemain baru maupun pemain lama dalam industri laptop masing-masing memiliki strategi jitu. Lantas mampukah Infinix bersaing dengan para pemain baru maupun pemain lama dalam industri laptop tanah air? Mengingat Infinix tidak masuk baru memasuki pasar laptop tanah air dan tidak masuk dalam Top 5 Vendor PC di Indonesia H1-2021 versi IDC. Terkait hal ini, Redaksi Selular ID menghubungi Infinix Indonesia.

“Kami di Infinix selalu berinovasi untuk menyediakan produk terbaik di konsumen. Setelah smartphone yang membawa performa terbaik, kini kami hadir dengan laptop INBook X1 dan INBook X1 Pro yang tipis namun tetap bertenaga,” ujar perwakilan Infinix Indonesia kepada Selular ID.

Infinix Indonesia meyakini dengan spesifikasi andal yang dimiliki INBook X1 Pro, dapat mengungguli para kompetitor.

“Spesifikasi INBook X1 Pro juga tidak main-main. INBook X1 Pro membawa prosesor kencang Intel Core i7 dan dilengkapi dengan baterai 13 jam serta Fast Charger 65W. Belum lagi kehadiran layar 100% sRGB 300 nit dan WiFi 6,” jelas perwakilan Infinix Indonesia.

INBook X1 Series tersedia dalam tiga varian dengan prosesor yang berbeda. Infinix INBook X1 Pro merupakan varian tertinggi INBook X1 Series dengan prosesor Intel Core i7-1065G7 yang dibanderol seharga Rp 10.999.000.

Sementara INBook X1 menawarkan dua prosesor yang berbeda yaitu Intel Core i3-1005G1 dan Intel Core i5-1035G1. Varian Core i5 dijual dengan harga Rp 8.799.000. Sementara X1 dengan Core i3 dilego seharga Rp 6.499.000.

Baca juga: Infinix Perkenalkan Laptop Perdana di Indonesia

Ketiga varian INBook X1 Series ini memiliki spesifikasi yang nyaris sama. Bedanya hanya prosesor-nya saja.

Ketiganya mengusung desain yang stylish, tipis, ringan, serta didukung oleh performa tangguh. Sama seperti rangkain produk smartphone, jajaran laptopnya juga mengusung spesifikasi andal dengan harga jual miring.

Semua model INBook X1 Series memiliki layar 14 inci, dengan jenis panel IPS beresolusi maksimum Full HD dan mampu menampilkan warna 100% sRGB. Ketiga laptop Infinix ini memiliki dimensi 32,3cmx21,9cmx1,63cm dan bobot hanya 1.48kg.

Infinix InBook X1 series menggunakan SSD berkapasitas 256 atau 512GB, tentunya tergantung varian masing-masing. Khusus InBook X1 Pro mendukung konektivitas WIFI dual band dan WIFI IEEE 801.11ax.

Disertakan pula port USB C, USB 3.0 dan USB 2.0, port HDMI, SD Card, dan headset/microphone jack pada ketiga varian Infinix InBook X1 series. Ketiga varian laptop Infinix InBook X1 series sudah tersedia di official store Infinix secara online seperti Lazada dan toko retail.

Berkat spesifikasi andal yang dimiliki INBook X1 Pro, Infinix Indonesia menyebutkan INBook X1 Pro mendapatkan respons positif dari masyarakat.

“Bisa dilihat dari respons positif di beberapa e-commerce. Bahkan, kami akan meluncurkan seri laptop terbaru tahun ini. Jadi, ditunggu saja,” tandasnya.

Infinix Indonesia juga akan terus memperbarui lini laptopnya dari segi spesifikasi, fitur dan teknologi lainnya.

spot_img

Artikel Terbaru