spot_img
BerandaDevicesSmart TVReview realme Smart TV 4K 50 Inci: Smart TV Rp5 Jutaan, Suguhkan...

Review realme Smart TV 4K 50 Inci: Smart TV Rp5 Jutaan, Suguhkan Sensasi Menonton Bioskop dari Rumah!

-

Jakarta, Selular.ID – Televisi pintar nampaknya saat ini menjadi salah satu perangkat AIoT yang juga diberi perhatian serius oleh realme. Tak hanya jajaran smartphonenya, Smart TV besutan realme digadang menyuguhkan performa dan kualitas yang mumpuni.

Pada acara realme Fan Festival 2021 yang berlangsung bulan lalu, realme juga turut menghadirkan televisi pintar terbarunya yakni realme Smart TV 4K 50 inci. Smart TV realme yang satu ini, diklaim membawa peningkatan yang lebih mumpuni dibanding pendahulunya, terutama dari segi kualitas layar dan audionya, sehingga mampu menciptakan suasana menonton bioskop dari rumah.

Kali ini, team Selular berkesempatan menjajal sensasi Cinema Experience from Home yang disuguhkan oleh realme Smart TV 4K 50 inci ini. Lantas, seperti apa pesona yang ditawarkan oleh televisi pintar realme yang harganya terjangkau ini? Langsung saja, berikut kami sajikan untuk Anda.

Desain Slim dan Stylish

Satu hal yang membuat para calon pembeli jatuh hati pada pandangan pertama terhadap perangkat yang ingin dibelinya yaitu menyoal desainnya. Untuk realme Smart TV 4K 50 inci, perangkat anyar ini dibalut dengan desain bezzel-less premium yang bezelnya terkesan sangat tipis yaitu hanya 2,6 mm yang hampir tak kasat mata.

Berkat desain bezel tipis tersebut, membuat Smart TV 4K 50 inci besutan realme yang satu ini terlihat lebih stylish. Apalagi, ditambah dengan kombinasi teknologi lain yang terbenam di dalam realme Smart TV 4K 50 inci, juga disertai rasio layar sebesar 97,2%, mampu memberikan pengalaman menonton yang lebih imersif.

Dilengkapi dengan tujuh mode tampilan yang terdiri dari mode Vivid, Sport, Movie, Game, Energy Saving, dan User. Mode ini dapat disesuaikan dengan situasi penggunaan yang berbeda dan jenis program TV yang berbeda.

Layar Jernih dan Tajam

Seperti yang sudah disebutkan di awal, salah satu yang ditingkatkan oleh realme dari Smart TV terbarunya ini yaitu soal kualitas layarnya. realme Smart TV 4K 50 inci dilengkapi dengan Dolby Vision yang dimana ini merupakan brand untuk format video 4K high dynamic range (HDR), yang dikembangkan dan dipromosikan oleh orang-orang yang menghadirkan Dolby Surround dan semua permutasi berikutnya.

Berkat Dolby Vision, hal ini membuat realme Smart TV 4K 50 inci mengalami peningkatan soal kualitas gambar dari berbagai aspek sehingga memberikan pengalaman menonton yang nyaman, hingga merasa sedang berada di dalam dunia nyata dari film yang ditonton melalui realme Smart TV 4K ini.

Smart TV 4K 50 inci ciptaan realme ini juga memiliki palet warna yang luar biasa, kontras yang lebih tajam, dan tingkat kecerahan yang amat jernih, serasa melihat objek dari luar jendela. Sebagai informasi tambahan, Dolby Vision ini merupakan HDR yang tak pernah ada sebelumnya, sehingga membuat pengguna akan merasakan kesenangan cinematic pada saat menonton film walau dari rumah saja.

realme smart TV 4K hadir dengan ukuran 50 inci (126cm) yang dilengkapi dengan layar LED, dengan resolusi 3840 x 2160 untuk kedua sisi yang termasuk dalam kategori resolusi 4K. Selain itu, realme Smart TV 4K juga dilengkapi dengan Chroma Boost Picture Engine yang dapat memberikan detail, kecerahan, dan warna yang mirip dengan aslinya melalui mesin algoritme.

Guna menghasilkan gambar yang lebih jelas, lebih transparan, dan lebih bertekstur, realme Smart TV 4K 50 inci menggunakan algoritme pemetaan warna dinamis tingkat piksel. Secara keseluruhan, Chroma Boost membuat gambar lebih kontras dan berwarna.

Audio Jelas Seperti di Bioskop

 

Demi menciptakan suasana yang kian persis seperti sedang menonton film di Bioskop, realme Smart TV 4K 50 inci dilengkapin dengan dua set speaker yang terletak di bagian bawah realme Smart TV 4K 50 inci. Setiap set terdiri dari satu speaker full-range dan satu tweeter, yang ukurannya mencapai 183.3 x 46.8 x 45.2mm. Total daya keempat speaker ini sebesar 24W, lebih bertenaga dibandingkan kompetitor lainnya.

realme Smart TV 4K 50 inci juga dilengkapi dengan Dolby Atmos yang dimana ini merupakan teknologi suara surround yang dikembangkan oleh Dolby Laboratories. Teknologi ini memperluas sistem suara surround yang ada dengan menambahkan saluran ketinggian, memungkinkan suara ditafsirkan sebagai objek tiga dimensi.

Dolby Atmos menawarkan suara dalam kejernihan luar biasa yang membawa pengguna lebih dalam memasuki cerita. Baik itu dialog intim atau soundscape yang kompleks, setiap detail menjadi hidup dalam kejernihan dan kedalaman, sehingga pengguna merasakan langsung sensasi Audio yang mencengkam ataupun yang menenangkan.

Tak henti sampai situ, realme Smart TV 4K 50 inci juga telah dilengkapi dengan DTS Sound System. DTS singkatan dari Digital Theater Systems, format audio home theater populer yang dikembangkan pada tahun 1993 sebagai pesaing Dolby Labs dalam pengembangan teknologi audio surround sound untuk produksi sebuah film.

Dapur Pacu Andal dan Penyimpanan Lega

Smart TV 4K 50 inci buatan realme yang satu ini ditenagai oleh prosesor 4K UHD yang kuat dari MediaTek, arsitektur quad-core 64-bit, CPU ARM Cortex A53 1,5GHz, dan GPU Mali G52 baru. Arsitektur quad-core serta CPU dan GPU yang bertenaga dapat menjalankan program Smart TV harian dengan stabil, lancar dan cepat, serta memberikan jaminan kinerja yang kuat untuk kualitas gambar.

Ruang penyimpanan dari televisi pintar realme ini juga terbilang cukup lega, yakni dilegkapi dengan RAM 2GB serta ROM Flash 16GB. Rangkaian skema memori ini mampu memenuhi kinerja platform Android TV, sehingga mampu memberikan pengalaman harian yang sangat lancar bagi pengguna. Berkat ruang penyimpanan yang cukup luas tersebut, hal ini membuat pengguna bebas membuka membuka banyak aplikasi tanpa khawatir merasakan hambatan.

Fitur dan Platform Bawaan

Quad microphones voice control juga disematkan di realme Smart TV 4K 50 inci, yang dimana ini merupakan salah satu peningkatan terbesar dari seri Smart TV ini. Dengan empat mikrofon untuk voice control di Smart TV, pengguna dapat dengan mudah berbicara dengan Google Assistant TV tanpa remote.

Setelah pengguna mengatakan “hei google”, mikrofon internal akan segera mengaktifkan dan menangkap perintah suara. Pengguna dapat memeriksa informasi atau mengontrol perangkat TV dan AIoT dengan asisten Google.

Fitur Google Assistant juga disuguhkan oleh televisi pintar ini. Dengan Google Assistant, pengguna dapat dengan mudah mengontrol perangkat pintar atau TV mereka, dan juga dapat memperoleh banyak informasi.

Menyoal platform yang disajikan oleh realme Smart TV 4K 50 inci, perangkat ini menyediakan platform media streaming paling populer seperti, Netflix, YouTube, Prime Video, Live Channel. Selain itu, video, platform musik, film, dan program pihak ketiga juga dapat diunduh melalui Play Store.

Empat platform video utama menyediakan film massal, serial TV, musik, video, dan konten program lainnya yang terus diperbarui dan dapat memberi pengguna konten program tanpa gangguan.

Konektivitas dan Remote

 

realme Smart TV 4K 50 inci mendukung WiFi 2.4GHz/5GHz dan inframerah, serta Bluetooth 5.0 beberapa metode koneksi nirkabel, yang membuat pengguna dapat menyambungkan perangkat Bluetooth, seperti speaker Bluetooth untuk mendengarkan lagu, pengontrol Bluetooth untuk memainkan game, dan mikrofon Bluetooth untuk bernyanyi.

Berbicara soal remote controlnya, realme Smart TV 4K mengadopsi desain yang ergonomis, melalui pembobotan yang presisi, pusat gravitasi remote control diturunkan, dan pegangan dirancang khusus agar nyaman digenggam. Seluruh mesinnya menggunakan bahan polimer komposit untuk mengurangi berat dan membuat sentuhan nyaman.

Lebih lanjut, remote yang digunakannya pun juga sudah dirancang dengan 4 hotkey yang dapat membawa pengguna ke tiga platform berbeda dan Google Assistant dengan mudah. Tiga tombol cepat berfrekuensi tinggi mampu membawa pengguna ke YouTube, Netflix, Prime Video, dan lain-lain.

Sementara itu untuk tombol pintas keempat, televisi pintar ini dapat mengarahkan pengguna ke Google Assistant, menggunakan mikrofon internal, dan dialog kendali jarak jauh dengan asisten suara.

Kantongi Sertifikasi Pelindung Mata

Meski mengusung layar luas, pengguna tak perlu khawatir perihal kesehatan mata setelah menonton film menggunakan televisi pintar realme yang satu ini. Sebab, realme Smart TV 4K 50 inci telah lulus sertifikat TÜV Rheinland Low Blue Light untuk melahirkan perlindungan dan keamanan pada kesehatan mata.

Selain itu, realme Smart TV 4K juga telah melewati serangkaian uji kualitas yang ketat, termasuk uji suhu rendah -20 , uji jatuh 760mm, uji masa pakai kunci 5000, uji mesin hidup-mati 5500, dan seterusnya. Lebih lanjut, televisi pintar buatan realme ini juga berhasil melewati pengujian internasional ISTA.

Kesimpulan

Televisi pintar dari realme yang satu ini memang cocok diklaim sebagai most worth it 50 inch 4K Smart TV. Hal ini lantaran dengan banderol harganya yang terjangkau yakni seharga Rp5.799.000, tetapi keunggulan dan peningkatan yang ditawarkan realme melalui Smart TV 4K 50 inci ini hampir setara dengan kualitas Smart TV kelas atas lainnya yang harganya relatif mahal.

Apalagi, realme Smart TV 4K juga mengusung desain yang terintegrasi PCB, yang dimana PCB di realme Smart TV 4K 50 inci ini terintegrasi dengan beberapa modul, Bluetooth, Wi-Fi, prosesor dan komponen lainnya. Desain yang terintegrasi dan ringkas membuat system kabel menjadi lebih sederhana dan mengurangi biaya perawatan serta meningkatkan daya tahan. Soal desain voltase, realme smart TV 4K 50 inci pun juga mendukung rentang voltase 100V ~ 240V untuk melindungi TV dari kerusakan akibat voltase yang tidak stabil.

Menariknya, dalam hal ini realme juga memberikan garansi satu tahun serta tambahan garansi untuk layar satu tahun untuk realme Smart TV. Sehingga, pembeli benar-benar diberikan fasilitas jaminan yang menguntungkan.

Dengan sudut pandang hingga 178°,  realme Smart TV 4K 50 inci buatan realme ini sangat cocok untuk digunakan menonton TV bersama kerabat ataupun keluarga di rumah. Sehingga mampu dijadikan solusi bagi Anda yang rindu menonton film di Bioskop namun terhalang lantaran efek pandemi yang belum sepenuhnya rampung ini.

Tonton juga video di bawah ini:

spot_img

Artikel Terbaru